Ekspor Pupuk Sido Muncul Diperluas

0
410
IMG_1806
– NUTRISI ORGANIK- Owner PT Sido Muncul Pupuk Nusantara, Sofyan Hidayat, tengah memberi makan ikan hasil pembibitan, menggunakan nutrisi organik dari produksi limbah Sido Muncul, di kolam Agrowisata Sido Muncul. Foto : alin

SEMARANG- PT Sido Muncul Pupuk Nusantara makin agresif dalam memperluas pasar ekspornya. Saat ini, pupuk yang diproduksi dari hasil limbah pabrik Sido Muncul ini sudah menembus pasar Amerika Serikat, Jerman, dan Rusia.

Owner PT Sido Muncul Pupuk Nusantara, Sofyan Hidayat mengatakan, produk pupuk ini merupakan hasil olahan limbah jamu Sido Muncul, dimana bahan bakunya bersifat organik. Adapun beragam produk yang dihasilkan, seperti nutrisi organik untuk hewan ternak dengan Herbafarm Ternak, Herbafarm Ikan dan Udang dan Herbafarm Tambak untuk perikanan

“Kami terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk pupuk yang unggul. Rencananya, ekspor pupuk akan kami perluas sampai ke Brasil, dan sebagainya,” katanya, Sabtu (28/11), di Area Pembibitan PT Sido Muncul Pupuk Nusantara, Ungaran.

Menurutnya, sejak didirikan pada 2013, respons pasar luar negeri terhadap pupuk-pupuk organik buatan Sido Muncul Pupuk Nusantara ini cukup baik. Adapun pemasaran dilakukan secara MLM (multi level marketing).

“Produk-produk pupuk dan nutrisi organik itu juga sudah teruji di beberapa lembaga uji internasional, baik di Eropa maupun AS, seperti OMRI, Control Union, CDFA, dan Ecolabel,” ungkapnya.

Maka dari itu, Sofyan optimistis dengan perluasan pasar produk pupuk dan nutrisi yang akan dilakukannya di beberapa negara di luar negeri akan mendapatkan sambutan yang sangat positif. Bahkan, produk-produk pupuk dan nutrisi organik itu juga diaplikasikan untuk asupan gizi satwa yang menjadi koleksi di Agro Wisata Sido Muncul di Bergas, Ungaran, Jawa Tengah.

“Seperti ikan Arapaima yang kami pelihara sejak 2005 lalu. Kami berikan asupan nutrisi dari produk Sidomuncul Pupuk Nusantara ini. Lihat sendiri hasilnya, ikan-ikan ini sehat dan besar,” jelasnya.

Tak tanggung-tanggung, Sido Muncul memiliki 10 ekor ikan yang merupakan salah satu spesies ikan air tawar terbesar yang memiliki habitat asli di Sungai Amazon Brasil berukuran 2-3,5 meter. Pemberian nutrisi dan pakan organik dari produknya sendiri juga dilakukan terhadap binatang ternak yang dipelihara di areal belakang pabrik Sido Muncul, seperti bebek, ayam, kambing, kelinci, dan sapi.

“Penelitian juga terus dilakukan, seperti perbandingan kondisi tanaman dengan berbagai kondisi tanah, antara lumpur Lapindo, pasir, dan tanah biasa yang ketiganya sama-sama diberi pupuk Sido Muncul,” terangnya.

Sementara, dari limbah pabrik yang dihasilkan Sido Muncul, Sido Muncul Pupuk Nusantara setidaknya mampu menghasilkan 100 ton pupuk padat/hari yang dikirim ke Sumatera, sementara pupuk berbentuk cair diekspor.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.