Pegadaian Ajak Pelajar Kenali Nusantara

0
379

SEMARANG- PT Pegadaian (Persero) memimpin Program Siswa Mengenal Nusantara di wilayah Jawa Tengah sejak Jumat (12/12) hingga Rabu (23/12).

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan 70 Tahun Indonesia Merdeka yang diisi dengan kegiatan pertukaran pelajar SMU dan SMK seluruh Nusantara yang dilaksanakan di 34 provinsi. Sedangkan pemrakarsanya adalah Kementrian BUMN didukung oleh perusahaan – perusahaan BUMN yang dipimpin PT Pegadaian (Persero) didukung PT Bio Farma dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) Persero.

Pada Senin (14/12), 34 siswa terdiri dari 17 siswa asal Bengkulu dan 17 siswa asal Jawa Tengah diterima Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono KS mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Kantor Gubernur Jawa Tengah. Para siswa bertemu Sekda Jateng didampingi Director Human Capital PT Pegadaian (Persero), Sri Mulyanto, dan beberapa staf.

Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan, kegiatan pertukaran pelajar hendaknya bisa dimanfaatkan peserta untuk mencari bekal ilmu dan pengalaman mengenal daerah dan karakteristik masyarakat di suatu daerah yang didatangi di pelosok-pelosok Indonesia. Tujuannya agar bisa memaknai kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia, sehingga mampu menumbuhkan sikap-sikap arif berupa menghirmati, menghargai dan melindunginya dari kepunahan.

Siswa kontingen Bengkulu setelah diterima oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah akan mengunjungi beberapa lokasi di Jawa Tengah untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam bidang sosial budaya, pendidikan maupun kewirausahaan.

“Selain menambah pengetahuan dan wawasan, diharapkan juga berdampak langsung dalam membangun kebanggan sebagai bangsa yang kaya akan keanekaragaman serta makin percaya diri sebagai bangsa yang besar dalam bersaing di kancah global”, ungkap Sri Mulyanto.

Para peserta juga akan mengunjungi lembaga pendidikan, seperti Akademi Kepolisian dan Akademi Militer Magelang. Selanjutkan akan melakukan kunjungan wisata dengan tujuan daerah wisata seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kelenteng Sam Poo Kong dan menyaksikan Sendratari Ramayana.

Kunjungan bersifat enterpreneur meliputi Desa Wisata BNI di Borobudur, budidaya ikan di Mertoyudan, kerajinan batik Laweyan Solo, serta kunjungan ke Kawasan Industri Wijaya Kusuma Semarang.(aln)1412-- Pegadaian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here