Bagasi Penumpang Kereta Maksimal 20 Kg

0
374

imageSEMARANG– Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada penumpang KA. Mulai tanggal 20 Desember 2015, PT KAI akan memberlakukan ketentuan barang bagasi yang diijinkan masuk ke dalam rangkaian KA penumpang.

Kepala PT KAI Daerah Operasi 4 Semarang, Windar mengatakan, bagi para penumpang yang membawa bagasi dengan ukuran maksimal 20 kg dan atau 100 dm3 dapat dibawa masuk ke dalam rangkaian KA tanpa dikenakan biaya (gratis).

Untuk para penumpang yang membawa bagasi dengan ukuran 20 s.d. 40 kg dan atau maksimal 200 dm3 dapat di bawa masuk ke dalam rangkaian kereta dengan dikenakan biaya. Adapun biaya yang dikenakan untuk kelas eksekutif sebesar Rp 10.000/kg, kelas bisnis Rp 6.000/kg, dan kelas ekonomi Rp 2.000/kg.

“Bagasi penumpang dengan ukuran 40 kg dan atau 200 dm3 tidak dapat di bawa ke dalam kereta. Namun jika memungkinkan berdasarkan pertimbangan petugas, dapat di bawa ke dalam kereta api dengan membeli tempat duduk (tiket) tambahan,” katanya.

Adapun bagasi yang dapat langsung dibawa ke dalam kereta api tanpa dikenakan biaya tambahan, diantaranya : barang pribadi penumpang (tas tangan, tas ransel, tas laptop) yang tidak lebih dari jumlah 4 item, sepeda lipat atau sepeda biasa yang dikemas sedemikian rupa dalam keadaan komponen-komponennya tidak dirakit menjadi sepeda utuh, serta kursi roda manual, kereta bayi, dan tongkat alat bantu jalan.

“Apabila terdapat kerusakan pada kereta yang diakibatkan oleh bagasi penumpang, menjadi tanggung jawab penumpang dan diwajibkan untuk membayar ganti rugi,” tegasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here