KAI Siapkan Kereta Tambahan, Angkutan Natal & Tahun Baru

0
481

imageSEMARANG- PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang menyiapkan kereta tambahan untuk 3 rangkaian yang melintas di wilayahnya. Kereta tambahan tersebut diterapkan pada KA Argo Muria (Semarang-Gambir), KA Kertajaya (Surabaya-Pasar Senen), dan KA Madiun (Madiun-Pasar Senen).

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, Windar Prihadi Aji mengatakan, KA tambahan akan mulai beroperasi pada 20 Desember – 5 Januari 2015. Adapun penjualan tiket KA Tambahan ini mulai dirilis pada 9 November lalu, pukul 00.00 WIB.

“Pembelian tiket dilakukan di Contact Center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, mesin e-kiosk, dan berbagai channel resmi lainnya,” katanya, disela Peninjauan Kesiapan Angkutan Kereta Api Natal dan Tahun Baru 2016, di Stasiun Poncol Semarang, kemarin.

Ditambahkan, PT KAI memperkirakan, masa puncak arus mudik akan terjadi pada 27 Desember 2015. Adapun volume penumpang KA pada momentum kali ini diperkirakan meningkat 1%.

“Ada sekitar 4.983.954 penumpang di dalam momentum kali ini, meningkat dari periode sama tahun lalu 4.950.503 penumpang,” imbuhnya.

Menurutnya, secara total dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini, PT KAI menyiapkan 411 unit lokomotif, dengan 379 lokomotif dinas dan 32 unit cadangan. Sedangkan armada kereta yang disiapkan sebanyak 1509 unit.

“Dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya, PT KAI menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan, seperti banjir dan longsor, serta mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur KA dan perondaan di lintasan KA pada waktu-waktu rawan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, PT KAI juga bekerjasama dengan instansi terkait, baik Pemda, maupun aparat keamanan untuk keselamatan di perlintasan-perlintasan sebidang. Bahkan, jajaran direksi dan manajemen telah melakukan inspeksi ke seluruh lintas, baik utara maupun selatan, untuk mengecek persiapan pelaksanaan angkutan Natan dan Tahun Baru 2016.

“Inspeksi dilakukan dari segala aspek, baik sarana, prasarana, operasi, maupun SDM. Inspeksi menyusuri lintas utara dan selatan,” jelasnya.

Sementara itu, demi menjaga ketertiban dan keamanan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2016, PT KAI menghimbau calon penumpang untuk segera melakukan pencetakan tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri yang tersedia di stasiun, untuk menghindari hilangnya struk pembayaran dan atrian. Selain itu, siapkan kartu identitas asli untuk baording di stasiun.

“Boarding 1-2 jam sebelum keberangkatan KA, dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.