Tips Memilih Smartphone

Tips Memilih Smartphone

155
0
SHARE

imageSEMARANG- Smartphone saat ini bukan lagi hanya berfungsi untuk melakukan panggilan suara, mendengar musik atau memeriksa email. Lebih dari itu, smartphone juga makin identik dengan kamera digital. Ia bahkan lebih setia dari kamera pocket sekalipun, karena smartphone selalu dibawa kemanapun pemiliknya pergi.

Melalui fungsi dan fitur yang ada di dalam kamera smartphone, Anda bisa mengabadikan setiap momen dan keindahan yang ada di dunia ini degan mudah dan cepat.  Itulah salah satu penyebab mengapa kamera smartphone dan fitur-fiturnya menjadi fitur yang sangat penting bagi pengguna smartphone saat ini.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih kamera yang baik?

Punya fokus yang cepatFokus cepat sangat penting, karena momen yang akan Anda foto bisa jadi tidak bisa diulang dua kali. Pasti tidak mau dong, senyum pertama putra putri Anda terlihat buram akibat salah fokus? Smartphone berfitur fokus laser adalah yang terbaik saat ini karena mampu meminimalkan kesalahan fokus dan juga sangat cepat mendapatkan fokus.

Dengan fitur fokus menggunakan laser pada smartphone, ini memungkinkan Anda untuk merekam fokus dengan sangat cepat hingga 0,03 detik, yang dapat menyamai kecepatan cahaya. Sehingga pastinya Anda tidak akan mudah gagal fokus dan kehilangan momen penting serta berharga.
Mampu menangani cahaya latar (backlight)Arah cahaya tidak selalu tepat dengan posisi obyeknya.

Itulah mengapa ada baiknya Anda memiliki fitur High Dynamic Range (HDR) yang baik di smartphone. Dengan fitur HDR yang baik, obyek bisa terlihat lebih terang dan cerah meskipun difoto dengan arah cahaya dari belakang.

Sedikit informasi, HDR yang biasa disebut juga sebagai jangkauan dinamis tinggi, adalah serangkaian teknik yang digunakan dalam pencitraan dan fotografi.

Tujuannya untuk mereproduksi sebuah jangkauan pencahayaan dinamis yang lebih besar dibanding menggunakan teknik fotografis atau pencitraan standar.

Ketika Anda memotret menggunakan HDR, sebenarnya kamera sedang mengambil banyak foto (sekitar 3 foto) dengan tingkat pencahayaan berbeda. Setelah itu, foto-foto tersebut kemudian disatukan dalam satu bingkai foto dan menjadi satu file gambar.

Seperti Burung HantuBisa melihat di tempat gelap adalah hal penting lain yang tidak boleh dilupakan. Dengan adanya fitur minim cahaya yang baik, Anda tidak lagi perlu khawatir saat memotret di tempat gelap, karena obyek akan terlihat terang tanpa ditambah noise gambar yang tinggi serta resiko gambar buram akibat gerakan kamera di rana lambat.

Agar semakin maksimal untuk “melihat” di area gelap, Anda dapat menggunakan fitur low light yang ada pada smartphone. Melalui fasilitas tersebut, Anda dapat membuat area gelap yang ingin di foto menjadi lebih terang.

Tidak mengubah warna kulitTidak elok kan, kalau foto Anda terlihat pucat akibat lampu kilat LED yang tidak memberikan kompensasi kepada warna kulit. Itulah sebabnya memiliki smartphone dengan lampu kilat LED dua warna (dual tone) adalah penting. Di LED dua warna, salah satunya memiliki cahaya yang lebih kuning, gunanya untuk menjaga tonal kulit agar terlihat senantiasa alami.

Seperti kamera DSLR profesional Hampir seluruh kamera smartphone bekerja otomatis saat mengambil gambar. Tapi, ada baiknya kalau ia juga memiliki fitur manual. Dengan fitur ini Anda memiliki kontrol lebih baik untuk beradaptasi dengan kondisi foto tertentu.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda membuat efek kreatif yang tidak bisa dihasilkan modus otomatis
Megapiksel yang besar Ukuran megapiksel pada kamera menyumbang hasil yang lebih detil pada foto. Saat dicetak, megapiksel yang besar juga menghasilkan hasil yang baik.

Sekarang ada teknologi yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi yang besar melalui aplikasi kameranya (Super Resolution). Fitur seperti ini bisa Anda pilih karena dapat menghemat budget saat memilih smartphone dengan resolusi kamera besar.(aln)

LEAVE A REPLY