Keyakinan Konsumen Jateng Meningkat

0
343

image

SEMARANG- Tingkat keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Jawa Tengah terus mengalami peningkatan selama 2 (dua) bulan terakhir. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Jawa Tengah pada November 2015 yang meningkat 4,7 poin menjadi sebesar 117 dengan level IKK berada pada level optimis.

Kepala Kantor Bank Indonesia Semarang, Iskandar Simorangkir mengatakan, peningkatan IKK tersebut berasal dari penguatan kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Kedua indeks tersebut masing-masing naik sebesar 4 poin dan 5,5 poin dari bulan sebelumnya, menjadi sebesar 105 dan 129.

“Peningkatan IKE dan IEK terutama didorong oleh meningkatnya optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya maupun pada 6 bulan mendatang,” katanya.

Menurutnya, dari 4 kota yang disurvei, kota Purwokerto, Solo, dan Semarang mencatat kenaikan IKK, sementara kota Tegal mencatat sedikit penurunan IKK. IKK kota Purwokerto, Solo, dan Semarang tercatat meningkat masing-masing sebesar 14 poin, 6,6 poin, dan 2,1 poin. Sementara IKK kota Tegal mengalami penurunan sebesar -0,7 poin.

“Konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Februari 2016) akan menurun dibandingkan dengan bulan sebelumnya seiring dengan kembali normalnya permintaan setelah perayaan Tahun Baru,” ungkapnya.

Ditambahkan, penurunan tekanan kenaikan harga terjadi pada seluruh kelompok komoditi, terutama kelompok Transpor, Komunikasi, dan Jasa Keuangan. Tekanan harga pada 6 bulan mendatang (Mei 2016) juga diperkirakan masih menurun.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.