Penumpang Kereta Tembus 21.000 Orang

0
222

*Puncak Arus Balik di Daop 4 Semarang

  SEMARANG- Kepadatan arus penumpang pada puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2016, Minggu (3/1) terjadi di sejumlah stasiun di wilayah Daop 4 Semarang. Diprediksi pada puncak arus balik kali ini, sekitar 21.000 penumpang lebih memanfaatkan moda transportasi KA, baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. 

Di stasiun Tawang Semarang misalnya, kepadatan terlihat sejak pagi hingga sore. Ratusan penumpang memadati ruang tunggu utama dan di loket boarding atau pintu masuk stasiun terjadi antrean.

“Peningkatan penumpang sudah mulai ada peningkatan sejak pagi dan diprediksi penumpang pada Minggu (3/1) ini berkisar 21.000 lebih. Untuk Sabtu (2/1) kemarin, penumpang yang naik dan turun sekitar 19.000 orang,” kata Humas Daop 4 Semarang Gatut Sutiyatmoko. 

Gatut menambahkan, meski terjadi peningkatan penumpang, antrian di loket pembelian tiket masih cukup normal. Antrian paling banyak hanya terjadi di loket untuk pembelian tiket KA Lokal atau jarak dekat.

“Untuk KA jarak jauh, justru sepi karena penumpang sudah membeli tiket jauh-jauh hari,” imbuhnya.

Disebutkan, pada puncak arus balik kali ini volume penumpang jarak jauh lebih tinggi dibandingkan penumpang KA lokal dan mengalami peningkatan hingga 6% dibandingkan tahun lalu. 

Di lain sisi, pada jalur transportasi laut tidak ada peningkatan. Menurut Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Marwansyah mengaku, selama libur Natal dan Tahun baru 2015 arus penumpang normal seperti hari-hari biasa.
Tidak adanya peningkatan jumlah penumpang ini dikarena libur Natal dan tahun baru ini cukup singkat, sehingga pekerja yang dari Kalimantan dan sekitarnya memilih tidak pulang ke Jawa. 

“Tidak ada lonjakan yang signifikan. Beda dengan Idul Fitri pasti tinggi karena para buruh sawit semua pulang ke Jawa. Semua normal dan tidak kendala,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here