Lontong Kupang, Kuliner Unik Surabaya

0
1216

   
 

JIKA Anda mengunjungi Surabaya dan Sidoarjo, jangan lupa untuk menikmati kuliner unik, lontong kupang. Lontong kupang merupakan sajian khas pesisir yang terdiri atas lontong, kuah petis, sate kerang, dan kupang.

Untuk menambah kelezatannya, ditambah pula dengan adanya irisan lento, atau sejenis gorengaan campuran antara singkong serut, taoge, dan kacang tolo. Perpaduan petis, bawang goreng dan kupang dengan kuah asam pedas manis yang segar, menghasilkan rasa unik yang lezat.

Lontong kupang sangat cocok untuk dinikmati sebagai santap siang saat cuaca sedang panas. Namun begitu, kupang ini termasuk makanan yang tidak bisa tahan lama, sehingga begitu dibuat sebaiknya langsung disajikan dan disantap saat masih hangat dan segar.

Masih penasaran dengan kupang?

Kupang sendiri merupakan jenis binatang laut kecil-kecil seperti tiram yang banyak dibudidayakan di daerah pesisir Jawa Timur. Binatang inu berwarna coklat pucat dengan kepala berwarna hitam.

Di Surabaya dan Sidoarjo, lontong kupang banyak dijual di kaki lima dan pedagang keliling. Harganya pun relatif murah. Di Sidoarjo, bahkan terdapat sentra penjual kupang di Bursa Kupang Sidoarjo, Jalan Raya Waru.

Saya sendiri, saat berkunjung ke Surabaya berhasil menemui lontong kupang ini di Surabaya Town Square (Sutos), tepatnya di D’Kampoeng. Di tempat tersebut, saya menebus satu porsi lontong kupang seharga Rp23.000, dengan harga sate kerang 1 porsi (5 tusuk) Rp8.000, dan lento 1 buah Rp3.000.

Tentu harga yang relatif mahal dibandingkan dengan kelas kaki lima yang hanya di kisaran Rp5.000-Rp10.000/porsi. Makin penasaran..??? Buruan ke Surabaya buat icip-icip lontong kupangnya..!!!

By : alienjozzz@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here