Honda BR-V, Taklukkan Tanjakan Sidomukti

0
3971

*Tetap Irit dan Bertenaga

   
 HONDA BR-V : Model menunjukkan salah satu varian terbaru produk Honda BR-V yang memiliki performa handal dan nyaman, dalam Media Test Drive Honda BR-V, Semarang- Umbul Sidomukti, Jumat (15/1) lalu. Foto : alin
  JALAN berliku, sempit, dengan tanjakan yang curam sepanjang jalur Bandungan menuju Sidomukti di kawasan Ungaran menjadi saksi dalam uji performa jajaran produk terbaru, Honda BR-V. Meski medan yang dilalui cukup menantang, namun kehandalan dan kenyamanan pada mobil crossover ini masih tetap terjaga.

Itu pula yang saya rasakan saat mengikuti Test Drive Honda BR-V, pada Jumat (15/1) lalu, bersama Honda Semarang Center, selaku distributor resmi Mobil Honda arra Jateng-DIY.

Perjalanan sepanjang 26 kilometer dari Semarang menuju Kawasan Umbul Sidomukti sangat sempurna. Beragam fitur yang telah disematkan dalam Honda BR-V menjadikan penumpang dibuat senyaman mungkin.

Salah seorang peserta Test Drive, Andik Sismanto (32) bahkan mengakui, di tengah kondisi medan yang menanjak, dengan kontur jalan yang bergelombang, nyaris tak terasa goncangan maupun suara gesekan ban dari dalam mobil. Kenyamanan penumpang pada mobil berkapasitas 7 penumpang ini pun tetap terjaga, baik yang berada di baris depan, tengah, maupun baris ketiga.

“Luas, dan nyaman. Itu kesan pertama naik Honda BR-V,” ujar Andik, sembari menggambarkan keleluasaan dan kenyamanannya saat mencoba posisi duduk di baris kedua maupun baris ketiga sepanjang perjalanan.

  Dari sisi tenaga, Honda BR-V pun tak perlu diragukan lagi. Transmisinya sangat bagus, meski harus melewati tanjakan-tanjakan terjal, hingga sudut kemiringan 45 derajat, seperti yang ada di jalur Semarang-Umbul Sidomukti.

“Buat nanjak, kinerja mesin Honda BR-V tetap stabil,” tambah Rita Hidayati (38), peserta Test Drive Honda BR-V lainnya.

Training & Development Honda Semarang Center, I Putu Yoga Permana menuturkan, banyak alasan untuk memilih Honda BR-V sebagai kendaraan pribadi. Jika dilihat dari eksteriornya, sangat gagah, dengan model terbaru dan desain yang modern.

“Kapasitas yang luas, dengan 7 seater membuat mobil ini bisa dinikmati bersama-sama keluarga, maupun teman-teman,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Honda BR-V dengan kapasitas mesin 1,5 i-VTEC terbukti irit, dimana 1 liter bahan bakar dapat digunakan untuk melibas perjalanan sepanjang 13 -14 kilometer. Dengan begitu, jalur Semarang-Sidomukti sepanjang 26 kilometer hanya membutuhkan bahan bakar sekitar 2 liter saja.

Dijelaskan, pada fitur keselamatan, Honda BR-V yang menggunakan penggerak roda depan ini telah dibenamkan teknologi ABS, dimana pengereman dapat dikontrol sedemikian rupa, untuk menghindari ban terkunci. Begitu pun adanya EBD, yang mampu membagi bobot pengereman pada keempat rodanya, sehingga menjadi lebih seimbang.

“Saat dinaiki sendiri atau rama-ramai, dan jalanan licin, pengereman tetap stabil,” terangnya.

Di lain sisi, keberadaan fitur Hill Start Assist membantu pengereman selama 3 detik, dan memberikan kesempatan pengemudi untuk pindah kaki dari rem ke gas. Dengan begitu, pengemudi tidak perlu khawatir mobil akan menggelondor, tanpa perlu menggunakan rem tangan terlebih dulu.

Yoga menambahkan, pada Honda BR-V tipe tertinggi bahkan telah disematkan VSA atau Vehicle Stability Assist, yang mencegah terjadinya selip. Fitur ini sekaligus mengatur stabilitas kendaraan di segala medan.

“Honda BRV dibangun dengan konsep Advanced Scene Hunter yang diperuntukkan bagi konsumen yang menyukai hal-hal baru dan penuh tantangan. Apalagi, mobil ini memiliki ground clearance lebih dari 200 mm dan dilengkapi dengan solid motion pillar,” tegasnya.

Dengan beragam teknologi dan fitur terkini yang dimiliki Honda BR-V, maka tak heran jika produk ini sangat laris di pasaran. Terbukti, sejak pertama kali diluncurkan pada September 2015, Honda BR-V sudah merebut hati konsumen di Jateng-DIY, dengan indent yang sudah mencapai 600 unit.

  Direktur Honda Semarang Center, Sumantri mengatakan, harga Honda BR-V untuk wilayah Jateng-DIY dipatok mulai dari Rp234,5 jutaan hingga Rp269,5 jutaan. Dengan harga yang ditawarkan itu, akan memberikan value for money yang besar untuk dapat menjawab kebutuhan konsumen.

“Dengan harga tersebut, kami optimis penjualannya Honda BR-V di Jateng-DIY bisa mencapai 600 unit per bulan,” pungkasnya.
Sementara, Honda BR-V hadir dengan 3 pilihan warna baru, yaitu Honda BRV Warna merah (Passion Red Pearl), warna Lunar Silver Metallic dan Honda BR-V warna hijau (Misty Green Pearl). Warna baru tersebut melengkapi 3 pilihan warna lainnya, yakni Honda BRV warna putih (Taffeta White), warna Modern Steel Metallic dan Honda BR-V warna hitam (Crystal Black Pearl).(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.