Kia New Sportage and Optima Meraih Penghargaan Design Awards dari Red Dot

0
307
- All New Kia Sportage mendapatkan penghargaan prestisius Red Dot International Design untuk kedua kalinya
-All New Kia Sportage mendapatkan penghargaan prestisius Red Dot International Design untuk kedua kalinya
– All New Kia Sportage mendapatkan penghargaan prestisius Red Dot International Design untuk kedua kalinya

 

Jakarta- Kia Motors sekali lagi diperkuat reputasinya untuk standar desain tertinggi melalui dua penghargaan yang diraihnya di tahun 2016 pada Red Dot Awards untuk kategori Desain Produk, salah satu kompetisi desain produk internasional yang paling bergengsi.

SUV Compact Kia New Sportage dan Optima sedan meraih penghargaan Red Dots. Panel juri independen bahkan memberi Kia Optima penghargaan Best of The Best, penghargaan tertinggi dalam kompetisi ini, yang diberikan kepada desain paling inovatif pada kategori yang ditentukan.

Generasi terbaru dari Optima dan bestseller Kia di Eropa, Kia Sportage, baru saja diluncurkan secara global awal tahun ini. Penghargaan serupa telah pernah didapat oleh kedua model ini di ajang Red Dot Awards, Kia Sportage dan Kia Optima generasi sebelumnya juga pernah meraih Red Dot Awards di tahun 2011 dimana Optima juga mempertahankan juara “The Best of The Best”. Sejak tahun 2009, ketika generasi pertama Kia Soul meraih penghargaan sebagai pabrikan otomotif pertama yang memenangkan kompetisi ini, tim desain Kia berhasil meraih total 15 Red Dot Awards. Sekarang di tahun 2016, setiap jajaran model baru Kia telah mendapatkan Red Dot.

Peter Schreyer, President and Chief Designer Kia Motors Corporation dan Hyundai Motor Group berpendapat, “Tim desain internasional kami memiliki alasan untuk bangga akan penghargaan terbaru ini. Red Dot Awards pertama untuk Kia Sportage dan Kia Optima sudah berhasil meraih kesuksesan luar biasa. Ini merupakan pencapaian istimewa untuk mengembangkan desain sebelumnya, model yang telah mendapatkan penghargaan, dimana desain terbaru pun dapat meyakinkan para juri dari kompetisi desain global yang bergengsi dan dihormati ini.”

“Pemenang dari dua penghargaan ini merupakan model yang penting dalam brand kami. Sportage yang merupakan brand yang terlaris di Eropa selama beberapa tahun ini. Kia Optima, salah satu model yang penjualannya bagus di seluruh dunia yang juga merepresentasikan pengembangan merek dalam cara yang sangat khusus.: Generasi ketiga yang hadir di panggung dunia di tahun 2010, bertindak sebagai katalis untuk transformasi desain pada jajaran produk Kia di tahun-tahun berikutnya. Baik Kia New Sportage dan Kia New Optima menonjol sangat kuat dari lawan mereka di kategori masing-masing pada bagian clarity, distinction, dan sporty elegance pada tampilan eksterior nya. Kedua kendaraan ini juga sepenuhnya di desain ulang interiornya dengan moden, selaras dan desain yang sangat menarik.”

Kia Optima meraih Best of the Best untuk kategorinya
Kia Optima meraih Best of the Best untuk kategorinya

Desain yang Dinamis dan Berani

Kia New Optima dikembangkan oleh tim desain Kia Internasional di Namyang (Korea), Irvine (California, Amerika Serikat), dan Frankfurt (Jerman), di bawah arahan kreatif Peter Schreyer, yang juga bertanggung jawab pada desan Kia Optima generasi sebelumnya. Dengan panjang 4.86 meter, dimana dimensinya telah diubah sedikit, memiliki rincian permukaan yang modern, garis yang ditarik tajam dan menepi, dan siluet yang memanjang memberikan kesan berani pada saat di jalan dibandingkan pendahulunya. Hal ini sebagian disebabkan memanjangnya garis jendela , dengan penambahan jendela samping ketiga di ujung pintu belakang. Karakteristik profil pada bagian pilar A dan C memberikan tampilan sedan sport. Di bagian belakang lampu menyorot sekitar area samping, memberikan Kia Optima baru , signature lampu modern.

Desain baru dari Kia Sportage dikembangkan di bawah kepemimpinan Kia Design Center Eropa di Frankfurt dengan dukungan dari Pusat Desain Kia di Namyang dan Irvine. Perubahan yang paling mencolok dengan desain eksterior adalah khas ‘wajah’ baru dari SUV kompak. Lampu yang digunakan untuk membentuk sebuah visual signature Kia, gril “tiger-nose” yang terlihat seperti terpisah dari gril nya, membuat tampilan depan lebih luas dan lebih stabil.  SUV compact ini tetap mempertahankan karakteristiknya dan sebagian tampilan samping -dengan panjang bodi yang bertambah 40 mm menjadi 4.48 meter- sekarang bahkan lebih dinamis dalam desiannya. New “GT Line” model menyajikan pernampilan sporty dengan sejumlah elemen desain ekslusif termasuk desain ulang gril, bentuk lampu kabut ‘ice-cube’, cladding bawah bodi di bagian depan dan belakang, serta pipa knalpot ekor kembar.

Kedua model tersebut tersedia dalam dua varian dengan mesin bensin dan diesel yang sangat efisien dan dapat dipesan dengan state of the art assistance system  (disesuaikan dengan daerah masing-masing)- termasuk Autonomous Emergency Braking dengan mengenali pejalan kaki. Pada uji keselamatan Eropa EURO NCAP, kedua model menerima peringkat tertinggi lima bintang.

Red Dot Award: Terdiri dari 41 juri ahli desain dari seluruh dunia

‘Red Dot Design Award’, salah satu kompetisi desain dunia paling prestisius terbagi dalam tiga disiplin ilmu: Desain Produk, Desain Komunikasi dan Desain Konsep. Pada Red Dot Awards 2016, perusahaan-perusahaan dari 57 negara mendaftarkan 5.214 produk dan inovasi. Kompetisi yang telah terselenggara sejak tahun 1955 oleh Pusat Desain Rhine Utara, Westphalia, menekankan pentingnya ketidakberpihakan para juri berkaliber tinggi.

Untuk menghindari adanya bias, tidak ada anggota juri yang menjadi seorang karyawan dari industri manufaktur. Tahun ini, juri ‘Red Dot’ lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. 41 ahli dari seluruh dunia – desainer lepasan, professor desain dan wartawan bisnis – termasuk Chris Bangle, Jimmy Choo, Professor Lutz Fügener, Hideshi Hamaguchi, Kristina Lassus, Raj Nandan, dan Ken Okuyama.

Semua anggota juri melakukan perjalanan ke Essen, Kerman dan menilai produk sesuai dengan criteria seperti tingkat inovasi, kualitas formal, fungsi dan kompatibilitas tinggi. Presentasi resmi Red Dot Awards akan berlangsung pada 4 Juli 2016 di Teater Aalto, Essen, Jerman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here