Pecahkan Rekor Dunia, Cara Unik LG Unjuk Kesenyapan Mesin Cuci

LG CENTUM WM GUINNESS WORLD RECORD 2

 

Jakarta — LG Electronics (LG) memiliki cara tak biasa untuk unjuk keunggulan mesin cucinya dalam hal kesenyapan. Alih-alih menggunakan media konvensional, perusahaan elektronik konsumer berbasis di Korea Selatan ini membangun struktur dari susunan kartu di atas mesin cucinya yang sedang menyala. Aksi kreatif ini berhasil memecahkan rekor Guiness World Record. “Pemecahan rekor dunia ini menjadi cara kreatif dalam menunjukkan keunggulan teknologi mesin cuci LG,” ujar Jo Seong-jin, CEO dan Presiden LG Electronics Home Appliance & Air Solutions Company.

Dalam melakukan upaya ini, LG berkolaborasi dengan Bryan Berg sebagai seorang penyusun kartu professional lulusan arsitek dari Harvard. Bryan yang sudah mulai belajar membuat konstruksi dari susunan kartu ini berpartner dengan LG untuk memecahkan catatan rekor dunia bagi bangunan dari susunan kartu tertinggi yang dibuat dalam 12 jam.

Pada pemecahan rekor ini, ia berhasil membuat konstruksi tumpukan kartu setinggi 3.3 meter yang keseluruhannya menggunakan kartu yang biasa ditemui. Yang membuatnya lebih mendebarkan, konstruksi dari kartu ini dibuat di atas mesin cuci LG Centum System™ yang sedang menyala dengan laju putaran tabung menunjuk pada angka 1,000 RPM.

“Kami sangat senang dengan keberhasilan Bryan Berg untuk keberhasilannya memecahkan rekor dunia ini,” ujar Jo Seong-jin, CEO. Pada sisi lain, menurutnya, keterlibatan LG dalam pencatatan prestasi ini membantu perusahaan untuk menunjukkan inovasi teknologi terkini yang telah diterapkan pada mesin cuci terbarunya yaitu LG Centum System™. “Perangkat mesin cuci seharusnya tak lagi identik dengan bising dan getarannya yang mengganggu. Inovasi yang menghilangkan kedua hal ini membuat mesin cuci menjadi pelengkap yang dapat hadir di ruang manapun dalam rumah,” ujar Jo Seong-jin.

Menurut Jo Seong-jin, hal ini tak lepas dari inovasi peredam getaran yang dibenamkan pada mesin cuci LG Centum System™. Ditambah lagi, LG Centum System™ meninggalkan penggunaan tali karet sebagai penghubung antara motor dan tabung cuci yang membuatnya diklaim jauh lebih senyap saat beroperasi ketimbang mesin cuci lain. Hasil pengujian LG menunjukkan mesin cuci ini memiliki tingkat kebisingan hanya 67dB, tingkat yang setara dengan level suara yang terjadi dalam percakapan normal.

Berkurangnya getaran dan tingkat kebisingan ini disisi lain membuat berkurangnya gesekan antar bagian di dalam mesin cuci. Hal yang sama artinya dengan mengurangi laju aus berbagai bagian dalam mesin cuci. Inilah yang membuat LG begitu percaya diri dengan teknologi motor berjuluk Inverter Direct Drive dalam LG Centum System™. Tak heran bila kemudian LG memberikan garansi 20 tahun untuk motor mesin cuci ini.