MatahariMall Rangkul UMKM, Lewat Program Edukasi #JualOnlineAja 

0
299

image

Diskusi #JualOnlineAja – PR Manager
MatahariMall.com Kezia Mareshah dan SME & Community Development Manager MatahariMall.com Ruby Adityawarman memberikan penjelasan yang lebih komprehensif dan mendalam tentang program JOA di Solo, MatahariMall adakan sesi diskusi bersama.

SOLO – Jumlah UMKM di Solo terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2014, terdapat nyaris 44.000 UKM di Solo, meningkat sepuluh kali lipat ketimbang lima tahun sebelumnya dan berhasil menyerap 82.123 tenaga kerja. Melihat potensi UMKM Solo yang luar biasa, MatahariMall.com(MatahariMall) melakukan rangkaian roadshow 
pelatihan UMKM #JualOnlineAja(JOA) yang kali ini hadir di Solo. Program JOA di Solo juga menggandeng komunitas seperti TDA Solo, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), dan UMKM Jateng.

Pada pelatihan ini, para pelaku UMKM diberi modul-modul yang disebut CEO (Chief Executive Officer, pelatihan tentang manajemen perusahaan), CFO (Chief Financial Officer, pelatihan tentang keuangan perusahaan), CMO (Chief Marketing Officer, pelatihan tentang pemasaran perusahaan), dan COO (Chief Operation Officer, pelatihan tentang order management 
dan workshop foto produk) dalam konteks bisnis online.MatahariMall akan membantu para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran produknya tidak hanya di Solo, namun ke seluruh Indonesia.

“Dengan kemampuan individu yang sangat beragam, Solo mampu unggul menjadi salah satu kota dengan potensi UMKM yang besar. Kami percaya, UMKM dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi dan menyerap lebih banyak tenaga kerja lagi baik di Solo maupun di Jawa Tengah,” ujar Kezia Mareshah, PR Manager MatahariMall.com.

Melalui program free delivery, pelaku UMKM diberi kemudahan untuk memperluas jangkauan pemasarannya hingga ke seluruh pelosok daerah di Indonesia. Hal ini merupakan manfaat tambahan bagi pelanggan karena bebas biaya ongkos kirim dan memperbesar kesempatan UMKM Solo yang menjadi mitra MatahariMall untuk menjual produknya.

“Kami melihat Solo sebagai kota yang sangat menarik. Produk yang dihasilkan pun berasal dari berbagai bidang industri dari makanan hingga kerajinan tangan. Tingginya permintaan pasar tentu menjadi sebuah peluang untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih tinggi pula. Melalui program JOA, MatahariMall siap untuk membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan pemahaman dan pelatihan yang tepat guna melebarkan jangkauan usaha mereka ke seluruh Indonesia,” ujar 
Ruby Adityawarman, SME & Community Development Manager MatahariMall.com.

Di setiap kota, JOA memilih 2 TeMMan Super (pelaku UMKM terbaik) yang memiliki produk unik dan minat tinggi berjualan online. TeMMan Super yang terpilih akan diberikan banyak keuntungan mulai dari mentoring secara regular, promosi produk secara berkala dan juga beberapa hadiah yang semuanya sangat mendukung untuk kelanjutan bisnisnya.

JOA yang diluncurkan oleh MatahariMall pada akhir tahun 2015 adalah program dari MatahariMall untuk membantu membina UMKM di Indonesia melalui eCommerce. Solo merupakan kota kesepuluh yang disambangi oleh MatahariMall, setelah Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali, Tangerang, Medan, Samarinda, Makassar, dan Surabaya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.