Bandara Ahmad Yani Tambah 27 Extra Flight

0
293

SEMARANG- Bandar Udara Ahmad Yani Semarang menambah 27 penerbangan ekstra (extra flight) selama masa Lebaran tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang naik dan turun di bandara.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Priyo Jatmiko mengatakan, pihaknya telah memberikan slot-time izin extra-flight sebanyak 27 kali menjadi 76 penerbangan. Penerbangan reguler hanya sebanyak 49 penerbangan.

“Adanya tambahan ini, maka rata-rata sehari ada tiga extra-flight untuk lima maskapai penerbangan di Bandara Ahmad Yani,” katanya, kemarin.

Menurutnya, extra flight ini berlaku sejak 24 Juni hingga 17 Juli 2016. Adapun rencana sebelumnya, Bandara Ahmad Yani pada arus mudik tahun ini ingin menambah extra-flight menjadi 176 penerbangan, namun terkendala sarana prasarana.

“Mengingat keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, kita putuskan menjadi 76 extra flight saja,” ungkap Priyo.

Dengan tambahan penerbangan ini, Priyo memperkirakan lonjakan arus mudik di Bandara Ahmad Yani bertambah 10% dari hari-hari biasa. 

“Kemungkinan kenaikan 10 persen dari tahun lalu. Setiap tahun jumlah penumpang dalam arus mudik dan balik selalu meningkat,” jelas Priyo.

Priyo menambahkan, puncak mudik melalui jalur udara diprediksi akan terjadi pada H-2 Lebaran, Senin (4/7). Pemudik baik yang berangkat ataupun datang melalui Bandara Ahmad Yani Semarang meningkat 10% dibandingkan hari biasa.

“Jumlah penumpang yang datang dan pergi di bandara dalam kondisi normal sebanyak 4.500-5.000 orang per hari. Pada momen Lebaran ini kami memprediksi akan ada peningkatan lebih dari 10% atau sekitar 7.000 penumpang yang datang atau berangkat setiap hari dari bandara,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here