​LG V20 BAKAL TERSEDIA PEKAN INI

0
722

SEMARANG ― Akhirnya, LG Electronics (LG) membuat pengumuman resmi terkait kehadiran LG V20 sebagai smartphone terbarunya yang dikatakan mulai tersedia pekan ini. Warga Korea Selatan yang merupakan kampung halaman LG bakal menjadi yang pertama dapat merasakan keunggulan LG V20. Berlanjut kemudian di belahan negara Amerika Utara, Asia, Amerika Latin serta Timur Tengah pada beberapa pekan berikutnya.

LG V20 merupakan smartphone pertama di dunia yang mengadopsi sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat serta menjadi smartphone pertama pula yang dilengkapi fitur pencarian Google’s In Apps. Sejak kemunculannya di awal bulan, LG V20 telah mendapat berbagai reaksi positif dari beragam pihak dalam industri yang mengapresiasi spesifikasi desain serta kekayaan fitur smartphone tersebut. “LG V20 dirancang untuk para pengguna yang ingin membuat konten yang tampak profesional serta membedakan dirinya dari perangkat pesaing dengan fitur-fitur visual dan audio yang berkelas profesional,” ujar Juno Cho, Presiden LG Electronics pada Mobile Communications Company.

Kecanggihan multimedia LG V20 dimulai dari sektor visual melalui keunggulan pada sektor kamera. Hebatnya, kamera depan dan belakangnya dilengkapi dengan lensa wide-angle untuk menangkap bidang lebih luas. Bila kamera belakang dapat melakukan pengambilan gambar hingga mencakup bentang bidang 135 derajat, kamera depan LG V20 dilengkapi lensa wide-angle untuk menangkap gambar dalam bentang pandang hingga 120 derajat. 

Kemampuan kamera LG V20 ini mendapat dukungan dua fitur utama. Pertama, Hybrid Auto Focus yang berguna untuk menghasilkan ketajaman gambar optimal. Sementara keberadaan fitur Auto Shot berguna bagi kemudahan melakukan swafoto (selfie). Pasalnya, fitur ini akan secara otomatis melakukan deteksi wajah yang kemudian memicu sensor foto untuk melakukan pengambilan gambar. 

Lebih dari sekedar foto, kecanggihan fitur multimedia LG V20 pun terletak pada kemampuan merekam video. Fitur Steady Record 2.0 smartphone ini dapat meminimalisir distorsi hasil gambar akibat kemungkinan goncangan dalam proses pengambilan gambar dengan Electronics Image Stabilization (EIS). Bekerja pada saat post-processing, fitur yang dibangun dalam prosesor Qualcomm Snapdragon™ 820 ini hadir sebagai pelengkap Digital Image Stabilization (DIS). Untuk mengimbangi hasil video berkualitas tinggi ini, LG V20 memiliki kemampuan merekam suara dalam format resolusi tinggi yaitu 24-bit/48 kHz Linear Pulse Code Modulation (LPCM). Sebagai informasi, format ini serupa dengan yang kerap digunakan pada perangkat perekam video profesional.

Bicara mengenai kemampuan audionya, resolusi tinggi tak cuma bakal ditemui pada saat perekaman. Dukungan Hi-Fi Quad Digital-to-Analog (DAC) yang dibenamkan dalam smartphone ini membuat penggunanya dapat menikmati berkas audio dalam resolusi tinggi pada tingkat distorsi minimum. Disamping pula mengurangi kebisingan dari suara lingkungan sekitar hingga 50%. Kemampuan ini merupakan yang pertama kali disematkan dalam sebuah smartphone.

Melengkapi superioritasnya dalam performa audio, LG V20 pun memiliki fitur HD Audio Recorder. Keberadaan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat rekaman berkualitas studio dengan dukungan Acoustic Overload Point (AOP) pada tiga mikrofonnya. Dukungan yang membuat LG V20 mampu menangkap suara dengan rentang frekuensi dalam dinamika lebih luas. Tak main-main, dalam merancang fitur-fitur audio LG V20 ini, LG sekali lagi berkolaborasi dengan pabrikan audio terkemuka asal Eropa, B&O Play, yang merupakan anak perusahaan Bang & Olufsen untuk pengembangan berbagai produk audio portabel inovatif.    

Dari segi penampakan bodinya, LG V20 memadukan gaya ‘chic’ dengan daya tahan tinggi melalui penggunaan campuran alumunium AL6013 yang ringan namun memiliki karakter material dengan ketahanan lebih baik. Pada bagian atas dan bawah yang biasa menjadi titik kontak smartphone bila terjatuh diperkuat dengan Silicone Polycarbonate (Si-PC) untuk memenuhi uji daya tahan MIL-STD 810G Transit Drop Test yang dilakukan militer Amerika Serikat.

LG pun memberi sentuhan untuk membuat LG V20 menjadi perangkat yang lebih personal dengan menawarkan fitur unik yang disebut Signature Wallpaper. Fitur ini dapat mengenali karakter pertama dari teks yang dimasukkan pada layar kedua V20 dan menawarkan koleksi desain wallpaper yang menampilkan huruf awal, angka, atau symbol sebagai wallpaper layar kunci telepon (lihat video di https://youtu.be/n9ew9zTQl3E ).

“Seri V berasal dari insight kami untuk merancang sebuah perangkat yang tidak hanya bisa bersaing di segmennya namun juga dapat mengantisipasi kebutuhan pengguna serta berada beberapa langkah di depan mereka. Saya bangga untuk mengatakan bahwa LG V20 memenuhi harapan di seluruh bidang tersebut,” ujar Juno Cho lagi. Lebih lanjut ia menyatakan, harga dan tanggal ketersediaan akan diumumkan secara simultan di setiap negara tujuan. (aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.