Pertamina Perkenalkan Pertamax Turbo

0
339

* Dengan RON 98, di Jateng-DIY

image

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR IV) meluncurkan produk bahan bakar terbaru, ‘Pertamax Turbo’ untuk pasar Jateng-DIY. Produk ini diperkenalkan dengan menyasar kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi.

General Manager Pertamina MOR IV, Kusnendar mengatakan, sebelumnya Pertamax Turbo telah diuji coba dijual di wilayah Pertamina MOR IV pada akhir September lalu, bertempat di SPBU COCO Lempuyangan. Saat ini, produk terbaru Pertamina ini akhirnya resmi diluncurkan di wilayah Jateng-DIY.

“Produk ini hadir menggantikan produk Pertamax Plus di pasaran. Sebelumnya Pertamax Turbo terlebih dulu diluncurkan di Jakata dan Surabaya,” katanya.

Menurutnya, untuk tahap awal, Pertamax Turbo dipasarkan di 44 SPBU di Wilayah Jateng-DIY. Adapun khusus di Semarang sendiri, Pertamax Turbo telah hadir di 6 SPBU, diantaranya SPBU 4450201 Jl. S. Parman, SPBU 4150202 Jl. Sultan Agung, dan SPBU 4450112 Jl. Imam Bonjol.

“Pada masa awal peluncuran, produk ini dilepas ke pasaran dengan harga jual Rp8.800 per Liter,” ungkapnya.

Dijelaskan, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus, yang memiliki Research Octane Number minimal 98 serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF). Pertamax Turbo merupakan BBM berkualitas tinggi yang diformulasikan Pertamina, bekerja sama dengan Lamborghini, dan telah diuji di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa.

“Sebelum masuk di Indonesia, produk ini telah dijual di Eropa dengan harga 0,22 Euro per liter, sedikit di bawah produk dari pesaing lainnya yang dijual seharga 0,25 Euro per liter,” jelasnya.

Digunakannya Pertamax Turbo dalam ajang balap bergengsi di Eropa, lanjutnya, semakin membuktikan bahwa Pertamax Turbo telah diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang sangat baik dan ramah lingkungan. Hal ini karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik.

“Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih, seperti penggunaan supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Ditambahkan, Pertamax Turbo terbukti mampu memenuhi kebutuhan tersebut, karena memiliki keunggulan untuk meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan, dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin. Dengan begitu, cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

“Jika di Eropa saja sudah diterima, maka kami optimis masyarakat di Tanah Air juga bisa merasakan performa Pertamax Turbo sebagai salah satu produk unggulan karya anak bangsa dari kilang Pertamina,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here