Inovasi Baru, Penjualan Elektronik Meningkat

0
371



SEMARANG- Penjualan perangkat elektronik saat ‘High Season’ di akhir tahun ini meningkat tajam. Terlebih, didukung inovasi terkini dan kestabilan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.

“Bila Rupiah melemah maka harga akan naik, karena 60% komponen elektronik masih tergantung import, terutama dari Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok,” Gouw Andhy Siswanto, Managing Director Global Elektronik Semarang.

Menurutnya, industri elektronik di Indonesia mangandalkan pasar domestik dan ekspor. Namun begitu, saar ini pasar domestik sedang bagus. 

“Oleh karena itu, industri elektronik menggelar berbagai promo menarik, dimana adanya promo menarik di Global Elektronik sejak awal bulan ini berimbas pada penjualan yang meningkat 20%,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, harga perangkat elektronik di dunia sekarang sangat kompetitif. Tidak memungkinkan lagi adanya imporpararel (black market) yang menyebabkan kelebihan pasokan di pasar domestik seperti tahun sebelumnya.

“Penjualan audio-video, digital home appliances, white goods, kitchen appliances dan small appliances pada kuartal IV/2016 tumbuh signifikan. Boleh jadi pertumbuhan penjualan terjadi dikarenakan ekonomi Indonesia semakin baik, dan kondisi yang baik ini diharapkan berlanjut pada tahun 2017 yang akan datang,” ujar Andhy Gouw yang juga praktisi bisnis ritel elektronik.

Dijelaskan, untuk meraih pertumbuhan tertinggi diperlukan strategi harga dan aktif menggelar pameran. Pameran terbukti dapat meningkatkan penjualan, lantaran konsumen elektronik lebih menyukai belanja di pameran.

“Melalui pameran, selain ada harga promo, berhadiah dan dapat mengetahui langsung inovasi perangkat elektronik terkini,” jelasnya.

Sementara itu, pada Sabtu besok, Global Elektronik akan menggelar ‘Special Happy Hour’ pukul 09.30-20.00 WIB! dilanjutkan dengan ‘Grand Midnight Sale’ (jualan tengah malam) pada pukul 20.00 WIB hingga 24.00 WIB, serentak di 5 toko. Pameran diadakan di Area Parkir (outdoor) dan Showroom (indoor) Superstore Global Elektronik Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) Semarang. 

“Pameran akan berlangsung sampai dengan hari Jumat, tanggal 30 Desember 2016 yang akan datang. Pameran terbuka untuk umum menampilkan seluruh inovasi terkini dari industri elektronik merek Samsung, Sharp, Midea, TCL, Coocaa, Sanken, Modena, Toshiba Pro Theatre, ForbesLux dan AC Daikin,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here