Reklamasi Tanjung Emas Butuh Rp150 Miliar


*Tahap Awal 22 Hektar



SEMARANG- PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang menganggarkan dana hingga Rp150 miliar untuk melakukan reklamasi pantai seluas 22 hektar pada tahap awal di tahun 2017. Dana tersebut merupakan bagian dari investasi rencana induk pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang telah ditetapkan sejak tahun 2012 lalu.


GM Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, Agus Hermawan mengatakan, progress reklamasi pada tahap awal ini baru mengurus ijin kepada KSOP yang kemudian diteruskan ke Kementerian Perhubungan RI. Selain itu, secara bersamaan juga tengah diajukan ijin AMDAL ke Kementerian Lingkungan Hidup RI.


“Jadi, kami mentargetkan tahun ini 22 hektar lahan yang ada di sisi timur pelabuhan bisa segera direklamasi,” katanya.


Menurutnya, ke depan di atas lahan tersebut akan dibangun fasilitas pendukung berupa stroge tank atau tanki timbun, dermaga, lapangan timbun dan gudang. Pembangunan fasilitas tersebut ditargetkan bisa dimulai tahun 2018.


“Pengembangan pelabuhan ini untuk menunjang aktifitas bongkar muay, khususnya untuk komoditas curah kering dan cair yang potensinya cukup besar dan terus meningkat dari tahun ke tahun,” ungkapnya.


Seperti diketahui, arus barang komoditas non peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang masih didominasi okeh curah kering, dengan realisasi di tahun 2016 sebanyak 2,3 juta ton. Disusul kemudian curah cair 873 ribu ton, general cargo 212 ribu ton, dan bag cargo.


“Dengan perluasan pelabuhan nanti, harapannya akan mempercepat bongkar muat barang, sehingga menurunkan cost logistik. Adapun selama ini, masih terjadi antrian bongkar muat rata-rata 2 kapal per hari,” ujarnya.


Dijelaskan, rencana adanya stroge tank dan gudang pun diharapkan bisa mempermudah konsumen. Dalam hal ini, nantinya tidak perlu membawa barangnya keluar pelabuhan, melainkan bisa langsung diolah dan disimpan di lokasi pelabuhan.


“Ini semua akan kami lakukan sekaligus untuk menunjang perekonomian di Jateng, mengingat saat ini mulai banyak industri-industri baru di Semarang dan sekitarnya,” jelasnya.


Agus menegaskan, rencana pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas selanjutnya akan dilakukan pada tahap kedua dan ketiga. Untuk tahap kedua akan dilakukan reklamasi lahan seluas 82 hektar, yang terletak di sisi barat pelabuhan, khususnya berdekatan dengan hilir Kali Semarang.


“Reklamasi tahap II akan dilakukan mulai 2018. Sedangkan nilai investasinya masih dihitung,” tegasnya.


Sementara itu, dari sisi kinerja, Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang pada tahun ini mentargetkan pendapatan hingga Rp42 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk penghitungan aset ulang (revaluasi aset).


“Realisasi pendapatan di tahun 2016 lalu mencapai Rp98,5 miliar dari target sebesar Rp41 miliar. Realisasi tersebut sudah termasuk adanya revaluasi aset,” pungkasnya.(aln)