Bulog Jateng Kirim 2.000 Ton Beras

0
241

  
*Program Mobilisasi Beras Nasional



SEMARANG- Perum Bulog Divre Jawa Tengah sedikitnya mengirimkan 2.000 ton beras ke Medan. Pengiriman beras yang dilakukan bertahap mulai Selasa (21/2) tersebut terkait program mobilisasi beras nasional (Mobnas) 2017.


Kabid Pengadaan Perum Bulog Divre Jawa Tengah, Ismoyo Dwi Diantoro‎ mengatakan, Mobnas tersebut diusulkan untuk daerah-daerah yang dinilai masih defisit beras. Pengangkutannya dilakukan melalui jalur laut di Pelabuhan Tan‎jung Emas Semarang yang menempuh waktu hingga tiga hari.


“‎‎Pengiriman Mobnas ini perdana di tahun 2017, dikirimkan ke Medan sekitar 2.000 ton,” katanya.


Ditambahkan, pengiriman beras disuplai dari tiga gudang Bulog yang berada di Katonsari, Mangkang Kulon dan Randugarut. Dari gudang Bulog Katonsari saja, setidaknya disuplai sekitar 500 ton beras.


“Selain ke Medan, beberapa minggu lagi juga akan dikirimkan sebanyak 1.000 ton ke Pangkalan Bun,” imbuhnya.


Kepala Sub Divre Semarang, ‎Hendro Waluyo menjelaskan, Jawa Tengah biasanya hanya mengirimkan untuk wilayah Indonesia bagian barat, seperti Sumatera dan Kalimantan. Pengiriman ke wilayah tersebut dinilai lebih murah ketimbang kec wilayah Indonesia Timur.


Hendro menegaskan, pada tahun ini Jateng diusulkan bakal mengirimkan sekitar 20.000 ton dalam program Mobnas. Adapun pada 2016 lalu, diketahui Mobnas dari Jateng mencapai 48.200 ton.


“Sub Divre Semarang berkontribusi sekitar separuh kuota Mobnas 2016 lalu, yakni 26.250 ton,” tegasnya.


Sementara, Mobnas ini dilakukan karena Jawa Tengah surplus beras, sehingga kapasitas gudang tidak muat untuk penyerapan beras awal tahun ini.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here