Harga Cabai Masih Tinggi

0
304

*TPID Giat Operasi Pasar


SEMARANG- Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dalam rangka stabilisasi harga cabai rawit merah yang dipimpin oleh Plh Sekda Provinsi Jawa Tengah selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada tanggal 22 dan 24 Februari 2017, Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Bulog Divre Jawa Tengah segera melakukan aksi pengendalian harga cabai rawit merah melalui kegiatan operasi pasar. Pelaksanaan operasi pasar ini juga bersinergi dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Komisariat Semarang.


Deputi Kepala Perwakilan selaku Sekretaris II TPID, Rahmat Dwisaputra mengatakan, operasi pasar dilakukan di Pasar Peterongan dan Pasar Gayamsari yang merupakan 2 dari 5 pasar yang disurvey BPS. Apalagi, perbedaan harga cabai rawit merah di kedua pasar tersebut dengan harga di Pasar Johar cukup signifikan. 


“Selain itu, agar dampak dari operasi pasar ini dapat lebih dirasakan masyarakat, maka operasi pasar diselenggarakan sebanyak empat kali, yaitu pada Kamis–Jumat, 2–3 Maret 2017 dan Senin–Selasa, 6–7 Maret 2017,” katanya.


Menurutnya, komoditas cabai rawit merah yang dijual pada operasi pasar ini diperoleh dari petani champion cabai di Jawa Tengah. Petani champion merupakan petani yang ditunjuk oleh Kementerian untuk mengkoordinasikan dan mengawal perkembangan cabai dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga, melalui komitmen untuk berkontribusi pada operasi pasar pada saat harga tinggi.


“Teknis pelaksanaan operasi pasar yaitu TPID menjual cabai kepada pedagang dengan menggunakan harga dari petani (tanpa marjin harga),” ungkapnya.


Dijelaskan, pedagang diwajibkan menjual kepada konsumen dengan menggunakan harga yang sudah ditetapkan oleh TPID. Sebagai contoh, harga cabai operasi pasar pada Kamis, 2 Maret 2017 adalah sebesar Rp 97.000,-/kg, pedagang wajib menjual kepada konsumen maksimal sebesar Rp 105.000,-/kg. 


“Guna memantau agar pedagang menjual cabai sesuai harga yang telah ditetapkan, dipasang spanduk di beberapa titik lokasi pasar, yang berisi informasi mengenai harga cabai hari ini (dengan harga operasi pasar),” jelasnya.


Seperti diketahui, berdasarkan survei Kepokmas oleh Disperindag, pasca pelaksanaan operasi pasar, harga rata-rata cabai rawit merah di Pasar Peterongan tercatat menurun dari Rp130.000/kg pada Rabu (1/03) menjadi Rp125.000,-/kg pada Kamis (2/03).                                                                                        


Melalui pelaksanaan operasi pasar ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat dapat membeli cabai rawit merah dengan harga yang lebih terjangkau. Di sisi lain, kegiatan ini juga menjadi wujud keberpihakan pemerintah kepada petani melalui pembelian hasil panen dengan harga yang pantas dan tidak merugikan petani. 


“Selain itu, teknis operasi pasar yang sengaja melibatkan pedagang juga menjadi bukti bahwa pemerintah tidak bersaing dengan pedagang. Pedagang tetap diperkenankan untuk memperoleh marjin keuntungan yang wajar,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.