Pekan Panutan Pajak di Kejaksaan Tinggi

SEMARANG- Pemerintah melalui Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 8 Tahun 2015 mewajibkan Aparatur Sipil Negara/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia (ASN/TNI/Polri) untuk mematuhi seluruh ketentuan peraturan perpajakan dengan mendaftarkan diri sebagai Wajib Pajak, membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing.

Penyampaian SPT Tahunan PPh melalui e-Filing oleh ASN/TNI/Polri harus disampaikan dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu. 


Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I, Irawan mengatakan, informasi terkait tata cara pelaporan SPT Tahunan PPh melalui e-Filing dapat diperoleh melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), menghubungi Kring Pajak 1500200, dan/atau menghubungi Account Representative (AR) masing-masing atau Petugas Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.


“Diperlukan kesadaran yang penuh dari setiap warga Indonesia bahwa bangsa ini amat sangat membutuhkan pajak sebagai jalan melangsungkan kesinambungan pembangunan,” katanya, disela Pekan Panutan Pajak di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah.


Menurutnya, bangsa ini membutuhkan orang besar yang memiliki kelapangan hati dan kebesaran jiwa. Negeri ini butuh pengorbanan, dan bentuk pengorbanan saat ini adalah membayar pajak. 


“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, mari isi SPT dengan benar, jelas dan lengkap melalui berbagai sarana yang telah disediakan Pemerintah dari Direktorat Jenderal Pajak,” ungkapnya.


Ditambahkan, karena inilah Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah beserta jajarannya melakukan pengisian SPT Tahunan melalui eFiling. Antusiasme pihak Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah merupakan contoh bagi institusi lainnya. 


“Kami menghimbau agar semua Wajib Pajak untuk segera menyampaikan SPT Tahunan PPh. Batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi sampai dengan 31 Maret 2017, sedangkan Batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan sampai dengan 30 April 2017,” imbuhnya.


Pengisian SPT Tahunan PPh melalui eFiling, lanjutnya, dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja melalui website https://djponline.pajak.go.id.


“Ayo bagi yang belum, segeralah ajukan permohonan e-FIN sekaligus mendapat informasi pemanfataan e-Filing ke AR masing-masing atau Petugas TPT pada KPP terdekat atau masing-masing. Mari berjuang bersama untuk negeri dan bangsa dengan patuh bayar dan lapor pajak karena #PajakMilikBersama,” tegasnya.


Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Sugeng mengatakan, seluruh pegawai jajaran kejaksaan tinggi dan kejaksaan negeri di Jawa Tengah telah dihimbau untuk segera menyampaikan SPT Tahunan PPh melalui eFiling. Pengisian SPT pajak sangat mudah, apalagi jika dilakukan melalui e-filing.


Sugeng mengatakan, jumlah pegawai di lingkungan Kejati Jateng saat ini mencapai sekitar 600 pegawai, sedangkan yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) sekitar 200-300 pegawai.(aln)