Akhir Pekan, PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang Jalankan 2 KA Tambahan

0
405

SEMARANG – Akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menjalankan 2 kereta api tambahan jurusan ke Bandung dan Jakarta. “KA tambahan ini dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan masyarakat dari Semarang menggunakan angkutan KA pada saat akhir pekan seperti ini,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo. 

Dua KA tambahan yang dijalankan adalah KA Ciremai Tambahan relasi Semarang Tawang – Bandung PP dan KA KLB Tambahan relasi Semarang Tawang –  Gambir PP. Kedua KA tambahan tersebut membawa 2 kereta kelas eksekutif (berkapasitas total 100 tempat duduk), 3 kereta kelas ekonomi “new image” (berkapasitas total 240 tempat duduk) dan 2 kereta kelas ekonomi “new image difabel” (berkapasitas total 128 tempat duduk).  “Kami terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pengguna jasa kereta api terutama untuk penumpang yang berkebutuhan khusus. Kereta difabel tersebut terdapat tempat duduk  dan toilet khusus untuk penumpang difabel,” jelas Edy.SEMARANG – Akhir pekan ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menjalankan 2 kereta api tambahan jurusan ke Bandung dan Jakarta. “KA tambahan ini dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan masyarakat dari Semarang menggunakan angkutan KA pada saat akhir pekan seperti ini,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo. 
KA Ciremai Tambahan dijalankan hari Sabtu, 6 Mei 2017 dengan jadwal keberangkatan dari Semarang Tawang pukul 06.55 WIB dan tiba di Bandung pukul 15.15 WIB. KA Ciremai Tambahan ini diberangkatkan kembali dari Bandung pukul 18.25 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 02.25 WIB. Adapun tarif Semarang  ke Bandung adalah Rp. 260.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp. 130.000,- untuk kelas ekonomi.

Sedangkan untuk KA KLB Tambahan dijalankan hari Minggu, 7 Mei 2017 dengan jadwal keberangkatan dari Semarang Tawang pukul 16.50 WIB dan tiba di Gambir pukul 23.03 WIB. KA KLB Tambahan ini diberangkatkan kembali dari Gambir hari Senin, 8 Mei 2017 dengan jadwal keberangkatan pukul 13.45 WIB dan tiba di Semarang Tawang pukul 19.58 WIB. Adapun tarif Semarang ke Jakarta adalah Rp. 310.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp. 240.000,- untuk kelas ekonomi.

Selain itu PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang memberikan tarif parsial pada KA Ciremai Tambahan untuk keberangkatan dari Semarang Tawang / Semarang Poncol tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, maupun Cirebon dengan tarif Rp. 160.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp. 80.000,- untuk kelas ekonomi. Sedangkan untuk tujuan Jatibarang diberikan tarif sebesar Rp. 210.000,- untuk kelas eksekutif dan Rp. 105.000,- untuk kelas ekonomi. Tarif parsial ini juga berlaku dari dan ke tujuan sebaliknya.

Beroperasinya KA Ciremai Tambahan dan KLB Tambahan ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dari wilayah Semarang yang ingin bepergian ke Bandung  dan Jakarta. Selain itu nantinya dapat menarik animo masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api sehingga dapat mengurangi kemacetan dan polusi di jalan raya karena lebih aman dan nyaman menggunakan KA.


Pembelian tiket untuk KA tersebut dapat dilakukan mulai Kamis (4/5) di loket stasiun, contact center 121, website tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access pada ponsel, minimarket, kantor pos, mesin e-kiosk, dan berbagai channel eksternal resmi lainnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.