Managemen Telkomsel Layani Pelanggan





SEMARANG- Memasuki usianya ke-22 yang jatuh pada Jumat ini, Telkomsel memberikan layanan khusus kepada para pelanggannya. Seluruh jajaran Managemen Telkomsel, turun langsung melayani para pelanggan setianya di GraPARI sebagai wujud apresiasi perusahaan, sekaligus berbagi souvenir.



GM Sales Region Jateng-DIY Telkomsel, Djony Heru Suprijatno mengatakan, tumbuh dan berkembangnya perusahaan tak terlepas dari peran pelanggan. Untuk itu, Telkomsel ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang selalu setia menggunakan produk-produk Telkomsel. 



“Kegiatan Manajemen Melayani Pelanggan ini merupakan bentuk apresiasi Telkomsel  pada pelanggan setia. Layanan hari ini kami berikan secara khusus kepada pelanggan agar kami bisa bertegur sapa dan kami terbuka menerima kritik maupun saran,” katanya, disela Peringatan HUT Telkomsel ke-22, di GraPARI Semarang.



Menurutnya, berbagai inovasi mulai dari layanan prima, jaringan handal, produk digital lengkap telah diberikan untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan. Adapun di usia 22 tahun ini layanan Telkomsel telah mencakup lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia, sehingga peran Telkomsel saat ini sudah lebih luas lagi. 



“Telkomsel terus berperan aktif dalam membuka keterisolasian akses informasi di daerah pelosok, menghubungkan seluruh masyarakat yang tersebar di berbagai pulau, mulai Sabang hingga Merauke, dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini pula yang menjadi tema HUT tahun ini yaitu Telkomsel Memajukan Negeri,” ungkapnya.


 
GM ICT Network Region Jateng-DIY Telkomsel, Iswandi menambahkan, sepanjang tahun Telkomsel terus menggelar pembangunan BTS di berbagai daerah di Indonesia yang diharapkan mendukung kebutuhan pelanggan. Telkomsel melayani pelanggan dengan 140.000 BTS yang tersebar di berbagai penjuru negeri, dimana lebih dari 60% diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 1687 Gbps (Giga bit per second).
 


“Untuk di Jateng-DIY sedikitnya ada sekitar 10.000 BTS yang melayani pelanggan Telkomsel, dengan 60% diantaranya merupakan BTS 3G dan 4G,” imbuhnya.


 
Terkait kesiapan Telkomsel dalam menghadapi trafik Lebaran, Iswandi mengatakan, wilayah Jateng dan DIY merupakan destinasi utama mudik yang tahun ini diperkirakan hampir 3 juta pleanggan akan datang. Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi pada layanan data di daerah jalur mudik dan tujuan wisata jika dibandingkan dengan trafik di hari biasa. 


“Lonjakan trafik pada layanan data berkisar 50%. Sementara layanan suara diprediksi mengalamikenaikan 10%, dan SMS mengalami kenaikan 11%.” jelasnya.


 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Jawa Tengah disediakan kelonggaran sebesar 48%.


 
Djoni melanjutnya, di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi 97 POI (Point of Interest) di seluruh Jawa Tengah dan DIY agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran, diantaranya 7 GraPARI Telkomsel Siaga (GraPARI Citraland Semarang, GraPARI Hartono Mall Solo, GraPARI Purwokerto, GraPARI Jogja City Mall, GraPARI Hartono Mall Jogja, GraPARI Magelang, GraPARI Loop Station Jogja), 51 Mobile GraPARI, dan 9 Branch Office Mitra Distributor (TDC). 



“Pada saat yang bersamaan, mitra distributor Telkomsel juga turut siaga menjaga ketersediaan produk kartu perdana dan voucher isi ulang (mkios) melalui 30.000 mitra Outlet,” lanjut Djoni.



Sementara, pelanggan dan masyarakat dapat memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel melalui melalui GraPARI, Call Center 188, browser interaktif (UMB). Selain itu pelanggan dapat mengunjungi berbagai channel digital Telkomsel, mulai dari website, aplikasi myTelkomsel, e-mailcs@telkomsel.co.id, TselCHAT, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.


Selain itu, selama periode Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel juga melakukan beberapa program lainnya bagi pelanggan, diantaranya agenda tahunan Mudik Bareng dan program loyalitas pelanggan Pointastic bagi pelanggan dengan berbagai hadiah menarik.(aln)