Baturraden, Pesona Alam Kaki Gunung Slamet


MENGENAL Purwokerto imajinasi kita biasanya akan tertuju pada kuliner fenomenalnya, tempe mendoan dan soto sokaraja. Namun siapa sangka kota yang berada di kaki Gunung Slamet ini ternyata juga menyimpan banyak potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung kesana.



Salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi saat berada di Kota Purwokerto adalah Lokawisata Baturraden. Obyek Wisata Baturraden saat ini merupakan salah satu lokasi wisata di wilayah Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, yang memiliki fasilitas terlengkap.

 


Lokasinya juga cukup dekat dengan pusat kota Purwokerto hanya sekitar 15 KM saja, sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tempat wisata ini cocok untuk segala umur dari anak-anak hingga dewasa dengan berbagai fasilitasnya.



Salah seorang pengunjung yang ditemui, Nandha (35), warga Surabaya mengaku, tak pernah melewatkan berkunjung ke Baturraden saat mudik ke kampung halamannya di Purwokerto. Pesona alam dan kesejukan udara membuatnya selalu rindu untuk menikmatinya.



“Kalau mudik ke Purwokerto saya selalu ajak anak-anak dan istri ke Baturaden sekedar menghirup udara segar, main-main air, dan mandi air belerang,” katanya, ditemui Jateng Pos saat Liburan Lebaran, pekan kemarin.



Ya…, selain dapat menikmati pesona alamnya yang sangat indah dan udara yang sangat sejuk, dengan air terjun yang menawan, lokawisata Baturraden juga memiliki banyak wahana permainan dan hiburan, seperti Kolam Renang, Sepeda Air, Air Mancur yang pancarannya cukup tinggi, seluncur air, pemandian air panas belerang di ‘Pancuran Telu’ dan lainnya.



Pengunjung lainnya, Agung (37), dari Purbalingga sengaja datang membawa keluarganya ke Baturraden. Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit dari tempat tinggalnya, Agung beserta keluarga tak jarang berkunjung untuk sekedar menikmati wisata yang ada.



“Disini banyak alternatif wisata yang bisa dipilih. Liburan murah meriah, momong sambil refreshing saja. Anak-anak juga bisa main-main air, renang dan banyak mainan lain yang bisa dinikmati anak,” ujarnya.



Perlu diketahui, di lokawisata Baturraden, khususnya di hari libur, pengunjung juga akan disuguhi beberapa penampilan seni lokal seperti kenthongan, calung, ebeg / kuda lumping, musik tradisional dan lainnya. Di beberapa sudut juga tersedia berbagai fasilitas dan mainan anak berbayar seperti Teater Alam yang berupa pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda lndonesia.



Untuk tiket masuk ke Lokawisata Baturraden juga tergolong murah, Rp15.000 per orang. Begitu pula untuk menikmati wahana permainan lain, berenang, serta mandi air belerang dikenai tiket lagi yang relatif terjangkau.



Puas berkeliling di lokawisata Baturraden, kita juga dapat sedikit bergeser menikmati pesona alam lainnya, yakni ke  ‘Pancuran Pitu’, ‘Telaga Sunyi’, ‘Curug Ceheng’, Pembibitan Sapi, Kebun Raya Baturraden, wanawisata, dan banyak lainnya. 



Bagi anak-anak muda yang hobi fotp, ‘selfie’ maupun ‘wefie’, akan dapat menemukan banyak spot menarik di sekeliling Baturraden. Adapun untuk akses menuju Baturraden sangat mudah ditempuh dari Kota Purwokerto. Sedangkan penginapan juga sangat mudah ditemui, baik hotel, villa dan lain-lain.(aln)