JNE Semarang Galakkan Seminar Wirausaha 

0
259


SEMARANG – Pertumbuhan bisnis e-commerce berdampak besar terhadap JNE dan e-commerce pun tidak dapat tumbuh dengan pesat tanpa peranan penting JNE sebagai pendistribusi paket yang diperdagangkan. Oleh karena itu, JNE selalu memberikan dukungan melalui program atau acara, yang dapat memberikan efek positif terhadap perkembangan e-commerce.



Salah satu program prioritas bagi JNE adalah acara yang bertujuan untuk memberdayakan komunitas, seperti menggelar seminar atau pelatihan kewirausahaan di berbagai daerah. Kali ini, acara untuk para wirausahawan sebagai pelaku utama dalam e-commerce diselenggarakan di Jawa Tengah oleh JNE Semarang dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Karakter Berwirausaha Untuk Mencapai Ekonomi Kreatif”.  




Uniknya, seminar yang digelar pertama kalinya di auditorium lantai 4 JNE Cabang Utama Semarang Jl. Kumudasmoro ini terbagi dalam tiga sesi. Acara diselenggaraan secara berkesinambungan setiap Sabtu, mulai dari 29 Juli 2017 lalu, kemudian berlanjut pada 5 Agustus 2017, dan sesi ketiga pada 12 Agustus 2017.




JNE Semarang menghadirkan narasumber mulai dari pakar bisnis, praktisi, akademisi hingga perwakilan dari Dekranasda. Target peserta workshop terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, pelaku bisnis online, UMKM binaaan dinas Koperasi&UMKM, dan sebagainya. Bahkan keluarga karyawan JNE atau masyarakat awam yang ingin terjun ke dunia bisnis online pun diberikan kesempatan juga untuk bergabung mengikutinya.




Setelah ketiga acara seminar yang merupakan pilot project tersebut sukses dan menuai banyak testimoni positif dari peserta, JNE Semarang pun melanjutkan program pelatihan ini ke Kota Kudus tepatnya di Hotel @Hom Kudus pada Jumat, 25 Agustus 2017. Dalam kesempatan ini, JNE menghadirkan 4 staf pengajr dari Universitas Muria Kudus yaitu Dr.Mamik Indaryani, MSi, Dr.Kertarti Sumekar Ashari, SE, Akt, Dr Sukirman, SE, MM dan Ashari, SE. 




Masing-masing memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi calon wirausaha mulai dari mengenai dasar-dasar kewirausahaan  serta penjelasan mengenai tips maupun trik menjadi pengusaha yang dapat langsung diaplikasikan saat menerjuni bisnis online. Selain itu peserta juga dijelaskan mengenai manajemen pengelolaan bisnis dan keuangan.




Murah Lestari, Branch Manager JNE Semarang dalam sambutannya mengutarakan, “JNE memiliki tanggungjawab sekaligus berkeinginan kuat untuk membesarkan UMKM diseluruh Indonesia. Salah satu caranya dengan memfasilitasi masyarakat baik kota maupun kabupaten untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan. Dengan begitu akan bermunculan wirausahawan baru sehingga UMKM didaerah semakin bergairah”. Perempuan yang akrab disapa Tari ini pun menambahkan bahwa kegiatan ini sekaligus mengajak UMKM untuk “Go Online” sehingga pelaku usaha yang sebelumnya masih menggunakan sistem pemasaran konvensional dapat mulai mengenal pemasaran online di era digital ini.




Diikuti oleh 60 peserta, kegiatan ini diharapkan menumbuhkan iklim kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Lebih jauh lagi kegiatan ini menjadi ajang promosi serta memperluas networking bagi bisnis yang dibangun. Setelah Kudus kota workshop ini akan berlanjut ke kota Jepara, Pekalongan dan Salatiga.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.