​Daftar BPJS Ketenagakerjaan Bisa Online Lho…

0
990

JAKARTA – PasarPolis.com mengumumkan peluncuran kerjasamanya dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. PasarPolis.com adalah partner e-registrasi online pertama dan satu-satunya yang saat ini bisa memberikan akses aman bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan registrasi gratis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara online sehingga calon peserta tidak harus mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan dan mengantri lagi.

Dalam waktu dekat, PasarPolis.com juga akan melayani pembayaran iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara online. Layanan ini akan menjadi alternatif sekaligus pelengkap kanal pembayaran iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang selama ini sudah bisa dilakukan lewat ATM dan teller dari  7 Bank antara lain: BNI, BRI, Mandiri, BCA, Bukopin, BTN, BJB, serta di berbagai gerai minimarket dan mitra strategis BPJS Ketenagakerjaan lainnya.

Menurut survei yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013 di 20 provinsi dengan melibatkan 8.000 responden, hanya 17,84% dari total populasi masyarakat Indonesia sudah sadar akan pentingnya berasuransi. Adapun, menurut riset World Insurance di 2015, perolehan premi asuransi dibandingkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia baru mencapai 1,73%.

Kesadaran sebagian besar masyarakat Indonesia atas asuransi ternyata belum diikuti dengan pengetahuan tentang manfaat asuransi maupun jaminan sosial dan perbedaan antara berbagai produk asuransi dalam memberikan perlindungan terhadap biaya pengeluaran kesehatan yang semakin tinggi, sehingga penetrasi asuransi masih rendah. Padahal secara statistik, biaya pengeluaran kesehatan yang tak terduga adalah salah satu faktor utama penyebab krisis keuangan dalam rumah tangga. Selain itu, kurangnya akses distribusi terhadap lembaga asuransi juga menjadi salah satu isu utama.

Melihat potensi pasar asuransi yang masih sangat besar dan didasari keinginan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan program jaminan sosial, PasarPolis.com menjalin kemitraan strategis dengan BPJS Ketenagakerjaan. Melalui platform digital, PasarPolis.com menjawab keinginan serta kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan BPJS Ketenagakerjaan yang lebih efektif dan efisien. 

“Di fase pertama program kemitraan BPJS Go Digital ini, PasarPolis.com menyediakan kemudahan dan kecepatan pelayanan BPJS ketenagakerjaan melalui pendaftaran kepesertaan BPJS ketenagakerjaan via platform digital, yaitu website kami secara gratis. Kini masyarakat dapat dengan mudah mendaftarkan diri untuk kepesertaan BPJS ketenagakerjaan melalui situs PasarPolis.com hanya dalam hitungan menit. Tunggu apa lagi? Hindari masa depan yang suram dan secure your future in 3 minutes now on PasarPolis.com,” ujar Christopher Kustono, Managing Director PasarPolis.com.

Kemudahan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui situs PasarPolis.com ini diharapkan bisa membawa perubahan yang berarti, sehingga tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, “Masa tua dan kematian tidak bisa dihindari oleh setiap manusia. Kecelakaan kerja juga bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Persiapan masa depan yang terlindungi bagi tiap individu dan bangsa Indonesia secara keseluruhan sudah dalam genggaman tangan. Maka dari itu tagline program ini adalah Satu klik menuju masa depan cerah Indonesia” jelas Elia Wijaya, Chief Marketing Officer PasarPolis.com.

Hadirnya registrasi online BPJS Ketenagakerjaan via PasarPolis.com ini akan membantu agenda pemerintah dalam melindungi tenaga kerja, sekaligus membuktikan bahwa perkembangan era digital sudah tak terelakkan sehingga sudah menjadi keharusan bagi setiap produk maupun layanan untuk serius menggarap pasar melalui platform digital.

Platform online atau digital menjadi pilihan PasarPolis.com lantaran melihat pertumbuhan pemanfaatan teknologi digital yang pesat di tanah air. PasarPolis.com merupakan portal marketplace asuransi yang menyediakan beragam pilihan produk asuransi melalui kemitraan dengan sekitar 30 perusahaan asuransi ternama. Model bisnis PasarPolis.com memungkinkan pelanggan mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya melalui 3 langkah sederhana: bandingkan, pilih dan beli.

Meski berformat digital, PasarPolis.com memiliki keunggulan dengan menyediakan layanan yang tetap bersifat personal dengan adanya Customer Service yang siap membantu pelanggan membandingkan dan memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan via WhatsApp chat, online chat, telephone, dan email. PasarPolis.com juga memiliki Klaim Help Desk yang didedikasikan untuk memandu pelanggan selama proses klaim. Demi kenyamanan pelanggan, PasarPolis.com juga menyediakan berbagai opsi pembayaran, yakni via transfer, ATM, online banking dan kartu kredit. Pelanggan juga akan menerima e-polis yang dikirim via e-mail seperti layaknya membeli tiket atau hotel via situs online.

Bagi BPJS Ketenagakerjaan sendiri, kemitraan strategis dengan PasarPolis.com diharapkan akan mendorong jumlah peserta serta mempermudah peserta BPJS dalam mendapatkan layanan yang paripurna.

“Kami menargetkan,  seluruh pekerja Indonesia baik pekerja formal atau Penerima Upah maupun informal atau Bukan Penerima Upah, dalam 2 tahun mendatang sudah mencapai 37,76 % untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata E iLyas Lubis – Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan antar Lembaga. “Karena, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai perlindungan dasar tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” tambahnya.

“Untuk segment Penerima Upah (PU) seperti pekerja tetap di perkantoran, pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di daftarkan oleh kantor atau pemberi kerja. Namun untuk para pekerja BPU (Bukan Pemerima Upah) harus mendaftarkan diri nya sendiri. Sekarang para pekerja BPU, yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mendaftar, cukup melalui portal online yang tersedia. Proses yang simple dan cepat ini tentunya akan jauh menghemat waktu maka diharapkan masyarakat menjadi lebih terdorong untuk mulai memberikan perlindungan untuk masa depannya,” kata E iLyas Lubis – Direktur Perluasan Kepesertaan dan Hubungan antar Lembaga lebih lanjut.

Dengan jasa yang diberikan, PasarPolis.com berharap bisa turut membantu meningkatkan penetrasi pasar asuransi di tanah air. Berdasarkan data AAJI, selama 2005-2015, perolehan premi baru rata-rata tumbuh 22,54% per tahun. Hingga tahun 2020, diperkirakan pertumbuhan premi baru asuransi jiwa rata-rata 18,21% per tahun. Dengan go digital, bukan tidak mungkin, pertumbuhan ke depan akan lebih tinggi lagi seiring dengan semakin baiknya literasi asuransi masyarakat. PasarPolis.com berkomitmen menjadi bagian dari kemajuan industri asuransi Indonesia ini.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here