Pelumas Pertamina Masih Kuasai Pasar

0
154



SEMARANG- Pertamina Lubricants masih menguasai pasar pelumas di wilayah Jateng-DIY, dengan market share sebesar 55%. Adapun kontribusi konsumsi pelumas Pertamina terbesar pada segmen otomotif 60% dan industri 40%.




Sales Region Manager IV Semarang PT Pertamina Lubricant, Christina Simorangkir mengatakan, konsumsi pelumas Pertamina terus meningkat dari tahun ke tahun dengan rata-rata peningkatan 5-10% per tahun. Kondisi tersebut terjadi seiring pertumbuhan jumlah kendaraan dan industri yang ada di kedua provinsi ini.




“Jumlah kendaraan dan industri terus bertambah setiap tahun, dan kebutuhan pelumas pun makin tinggi,” katanya, disela aksi donor darah memperingati 4 Tahun Pertamina Lubricant, sebagai anak perusahaan PT Pertamina, di Kantor PT Pertamina (Persero) Jalan Thamrin Semarang.




Menurut Christina, saat ini ada lebih dari 100 produk pelumas Pertamina. Hanya saja yang dikenal khalayak umum diantarabmbya Fastron dan Enduro.




“Pelumas Fastron untuk kendaraan roda 4 dan Pelumas Enduro untuk roda 2. Kedua produk tersebut berkontribusi 10% dari seluruh penjualan produk pelumas Pertamin,” ungkapnya.




Secara nasional, lanjutnya, penjualan produk pelumas Pertamina di Jatebg-DIY, baik untuk otomotif maupun industri menyumbang kontribusi 15% dari penjualan nasional. Jateng-DIY sendiri berada di peringkat 4 nasional untuk penjualan pelumas di segmen otomotif dan peringkat 6 nasional untuk penjualan pelumas di segmen industri.




“Konsumsi pelumas Pertamina di Jateng-DIY masih kalah dengan Jakarta, Surabaya, dan Medan di segmen otomotif,” terangnya.




Lebih lanjut Chistina menjelaskan, bila dibandingkan daerah lain, untuk segmen industri konsumsi pelumas Pertamina Jateng-DIY masih kalah tertinggal dibanding wilayah Jakarta, Surabaya, Bandung, Balikpapan, dan Medan.




Sementara, perayaan HUT ke-4 Pertamina Lubricants yang diisi dengan donor darah juga dibuka stan penjualan pelumas. Setiap pembeli Fastron dan Enduro akan mendapatkan merchandise menarik, serta free ganti oli.




“Khusus untuk pendonor darah diberikan diskon 14%,” ujarnya.




Aksi donor darah mendapatkan tanggapan positif dari pekerja dan mitra kerja kantor Pertamina MOR IV, DPPU Ahmad Yani, dan TBBM Semarang. Target peserta donor sebanyak 100 orang.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here