Sekarang Bayar BBM di SPBU Bisa Pakai TCASH

– BAYAR BBM- General Manager Pertamina Marketing Operational Regional IV Jateng DIY, Yanuar Budi Hartanto, didampingi VP Corporate Account Management Telkomsel, Primadi K. Putra, dan GM Sales Region Telkomsel Jateng-DIY, Djony Heru Suprijatno, melakukan simulasi pembayaran BBM menggunakan TCASH, di SPBU Sudirman Semarang. FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- PT Pertamina Marketing Operational Regional IV Jateng-DIY kembali melakukan terobosan baru dalam sistem pembayaran BBM di SPBU. Kali ini, bersama Telkomsel, Pertamina memberikan kemudahan kepada konsumen dengan memberikan pilihan pembayaran tak hanya melalui nontunai kartu debit dan kartu kredit, tetapi juga bisa dengan T-Cash.

General Manager Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, Pertamina bersama Telkomsel sebagai perusahaan yang memiliki teknologi Fintech, yakni T-Cash dengan basis pelanggan lebih dari 190 juta dan untuk di Semarang ini menjadi yang pertama kali menerapkan pembayaran T-Cash di Semarang. Dan untuk kemudian akan berkembang lebih banyak lagi di sejumlah SPBU di Jateng-DIY.

“Jadi sebelumnya konsumen bisa bayar cashless melaui kartu debit, kartu kredit, dan sekarang dengan T-Cash. T-Cash ini menjadi pilihan lain bagi konsumen untuk melakukan pembayaran BBM,” katanya, usai penandatanganan kerja sama antara PT Pertamina, PT Telkomsel, dan dengan pihak SPBU Jalan Jendral Sudirman, Karangayu, di Semarang.

Yanuar menjelaskan, jaringan Telkomsel bisa dijangkau ke seluruh daerah. Dengan begitu, harapannya di semua SPBU nantinya bisa bertransaksi dengan T-Cash.

Diakuinya, konsumen yang telah memanfaatkan fasilitas cashless di SPBU Pertamina di Semarang sebelumnya tidak lebih dari 3%. Namun, saat ini sudah mencapai 23% untuk dua SPBU, yakni SPBU Pemuda dan SPBU Jalan Jenderal Sudirman Semarang.

“T-Cash ini akan lebih memudahkan konsumen untuk transaksi. Beli BBM saat ini cukup banyak duitnya. Kalau bawa dompet tebal-tebal sudah tidak musim lagi. Jaman now, saatnya digital. Dua detik snap sudah langsung terkoneksi, langsung diprint, dan tidak perlu ribut-ribut dengan petugas untuk uang kembalian,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, VP Corporate Account Management Telkomsel, Primadi K. Putra menambahkan, T-Cash dapat digunakan untuk pembayaran BBM nonsubsidi. Metode yang digunakan ada tiga, yakni media informasi dan mekanisme transaksi T-Cash (QR Code), kedua struk bukti transaksi via T-Cash, dan server (jarak terjauh antara server dan printer 30 meter).

“Penggunaan T-Cash juga menjadikan pembayaran lebih efektif dan cepat, karena hanya membutuhkan waktu dua detik yakni stop, snap, dan sudah terlayani,” imbuhnya.

Menurutnya, transaksi TCASH untuk di SPBU Sudirman & SPBU Pemuda Semarang dapat langsung dilakukan menggunakan smartphone yang dimiliki oleh masyarakat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengunduh aplikasi T-Wallet terlebih dahulu (Google Play Store ataupun Apps Store) kemudian melakukan scan / pindai di menu layanan yang terdapat dalam aplikasi T-Wallet tersebut.

“QR Code yang akan di-scan / dipindai telah dipasang di akses masuk antrian di SPBU Sudirman & SPBU Pemuda di Kota Semarang dan segera menyusul SPBU lainya,” ungkapnya.
 

Lebih lanjut dijelaskan, kerjasama antara Telkomsel dan Pertamina ke depannya akan semakin dikembangkan untuk SPBU-SPBU lainnya, bukan hanya di kota Semarang namun di kota-kota lainnya di seluruh Indonesia. Saat ini lebih dari  20 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan TCASH di seluruh Indonesia.

“Telkomsel secara konsisten mengembangkan ekosistem layanan keuangan digital dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai dan mempercepat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia,” tandasnya.(aln)