Koramil Bagikan 2000 Pohon Sayur Untuk Masyarakat

SEMARANG – Koramil 03 Semarang Timur & Utara, membagikan 2.000 pohon cabe, terong dan tomat kepada masyarakat, Kantor Kecamatan, Kelurahan dan Polsek di wilayahnya untuk menggerakkan kesadaran menanam dan mendukung program Ketahanan Pangan.


Penyerahan pohon yang disemai para Babinsa Koramil 03 ini dipimpim Danramil 03 Mayor Arh Sulistyono di Markas Koramil jalan Barito Semarang disaksikan Camat Semarang Timur H Sutrisno SE dan Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ir Rosdiana.


Menurut Danramil, pembagian 2.000 pohon dalam polybag kepada masyarakat dan kantor aparatur pemerintahan dalam rangka menyambut HUT Ke-73 TNI dan HUT Ke-68 Kodam IV Diponegoro.


“Tujuannya sebagaimana perintah Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Inf M Taufiq Zega untuk mendorong masyarakat agar memiliki semangat menanam sehingga tercipta penghijauan dimana-mana. Tumbuhan atau pohon yang kami prioritasnya adalah jenis sayuran yang dapat dikonsumsi hasilnya, sehingga ini memiliki nilai manfaat”, ujar Mayor Arh Sulistyono.


Terpisah Dandim 0733 BS Semarang membenarkan dan sangat mendorong kesadaran masyarakat dalam melakukan aktifitas penghijauan, baik tanaman keras maupun jenis sayuran atau buah yang dapat dikonsumsi.

“Penanaman sayuran atau buah-buahan merupakan bentuk penghijauan yang sangat mendukung ketahanan pangan, dimana kita mampu mencukupi kebutuhan pangan sendiri atau secara mandiri dengan apa yang kita tanam. Meski kini baru sedikit hasilnya, namun menjadikan kita tidak mudah bergantung. Salah satunya bila harga cabe naik, sementara kita punya tanaman cabe, setidaknya tidak akan membuat kita terdampak atas kenaikan harga cabe”, ujat Dandim 0733 BS Semarang.


Tanaman yang dibagikan ke masyarakat adalah tanaman hasil persemaian yang dilakukan di perkampungan tempat tinggal Babinsa Koramil 03 di wilayah Gunungpati Semarang. Dari sanalah proses pengolahan media tanam yang kemudian ditempatkan dalam polybag dan disemaikan di markas Koramil.


Selama proses persemaian, prajurit TNI AD ini mendapat pendampingan dari aparat Dinas Pertanian Kota Semarang. Termasuk setelah pohon yang sudah tumbuh dalam polybag tersebut diterima oleh warga masyarakat, selanjutnya juga akan dipantau para Babinsa untuk tumbuh kembangnya. Bila terjadi gangguan penyakit atau hama, maka akan dikoordinasikan kepada Dinas Pertanian Kota Semarang untuk menanganinya.


“Harapan kami, tanaman yang kami bagikan ini akan mengisi setiap ruang kosong untuk penghijauan. Sehingga tak ada ruang kosong yang gersang, setelah ada tumbuh-tumbuhan disana. Manfaat pohon-pohon tersebut saya kira banyak sekali”, ujar Mayor Arh Sulistyono. (aln)