Harga Elektronik Tak Naik, Pengunjung Membludak

0
43

– RAMAI- Pengunjung ramai mencari produk elektronik yang berkualitas dalam Sharp Tomodachi Expo 2018. FOTO : IST/ANING KARINDRA

FANTASTIS ! Itulah kesan yang muncul dalam pameran tunggal dengan tema “Sharp Tomodachi Expo 2018” di area parkir Superstore Global Elektronik, Jalan Pandanaran 102 (Kawasan Simpang Lima) Semarang.

Betapa tidak? Pameran yang berlangsung sejak 19 September – 2 Oktober 2018 tidak sekedar menggelar produk elektronik Sharp dengan harga murah dan banjir hadiah. Lebih dari itu, pameran membawa misi penting: 60 tahun “persahatan “Indonesia -Jepang yang disimbolkan lewat tokoh perwayangan Arjuna (Indonesia) dan budaya Cosplay (Jepang).

Pameran kali ini benar-benar memanjakan konsumen, karena hadiah yang disediakan sangat menarik dan jumlah hadiah semua diawali dengan angka depan “6”. Ini sebagai wujud dari hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang yang telah berlansung selama “60 tahun”.

Pameran itu sendiri mengandung makna “persahabatan” antara perusahaan elektronik Sharp dengan masyarakat Indonesia pengguna produk Sharp. Karena itu, dalam pameran tersebut Sharp memberikan Penawaran Triple: grand prize Japan trip untuk 6 orang pemenang, gratis 6 unit LED TV 60 inci, 60 unit Kulkas, 60 unit air cooler, dan 600 unit rice cooker.

Hadiah melimpah ini diberikan kepada konsumen yang membeli produk Sharp hanya di Glolbal Semarang. Selain itu, disediakan hadiah berupa sepeda gunung, TV LED, water dispenser dan rice cooker. Bahkan, digelar pula program Super Heboh: trade-in (tukar-tambah), “upgrade size” dari 40 inci ke 60 inci diskon 40 persen, bagi yang beli TV 60 inci dan berusia emas 60 tahun (bukti KTP) hanya bayar 60 persen saja, lucky draw Rp. 500 ribu, cashback total Rp. 100 juta.

Dimeriahkan pula dengan demo masak dan Lomba Karaoke. “Setiap pameran di Global Elekronik selalu ada yang baru.

Pameran tunggal Sharp tersebut pun terbilang langka, karena hanya di Glolbal Elektronik. Global Elektronik menjadi salah satu toko yang mendapat kepercayaan dari perusahaan elektronik Sharp yang berpusat di Jepang.

“Di Indonesia, pameran tunggal Sharp Tomodachi Expo 2018 hanya digelar di 10 toko elekronik besar yang tersebar di 10 kota, salah satunya Global Elektronik Semarang,” kata Gouw Andy Siswanto, Managing Director Superstore Global Elektronik Semarang.

Tak usah heran jika pameran elektronik ini dijejali pengunjung. Melemahnya rupiah terhadap mata uang dollar AS dan kenaikan tarif Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22, rupanya tak berdampak sama sekali terhadap harga produk elektronik, khususnya merek Sharp.

“Soalnya, saat ini ritel elektronik masih memiliki stok barang yang harganya belum naik,” kata Andy.

Dijelaskan, industri elektronik sekarang juga terus meningkatkan komponen lokal, sehingga nantinya tidak terlalu tergantung impor lagi. Itu sebabnya, Global Elektronik optimis akan mengalami pertumbuhan sebesar 28 persen selama berlangsungya pameran.

Apalagi tujuan pameran itu sendiri untuk mempertahankan posisi “market share” Sharp nomor 1 di Indonesia untuk kategori produk lemari es (refrigerator) 27.20 persen, mesin cuci (washing machine) 23.10 persen dan pendingin udara (air conditioner/AC) 24.40 persen.

Ditunjang program undian, diharapkan penjualan bisa melonjak hingga 28 persen. Selama ini penjualan tertinggi disumbang oleh LED TV yang kontribusinya 35%, disusul lemari es 30%, mesin cuci 25%, dan sisanya dari produk lain.

“Secara umum, penjualan Sharp di Semarang sudah lebih dari 100% target tahun ini. Estimasinya hingga akhir tahun bisa naik 120%,” ungkapnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.