Pertamina dan Patra Hotel Beri Pelatihan Perhotelan

0
86

– TABLE MANNER- Instruktur Patra Hotel Semarang tengah memberikan pelatihan table manner pada siswa SMKN 6 Semarang, mahasiswa Stiepari dan Udinus. FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- Guna menghadapi dunia kerja yang membutuhkan keterampilan lebih, Pertamina bersama Patra Jasa memberikan keterampilan perhotelan kepada siswa SMKN 6 Semarang, mahasiswa Stiepari dan Udinus. Keterampilan perhotelan yang diberikan itu merupakan program corporate social responsibility (CSR), dengan melibatkan 60 orang siswa dan mahasiswa.

General Manager Patra Hotel and Convention Semarang, I Gusti Made Juniarta mengatakan, pembekalan keterampilan tentang pendidikan dasar perhotelan dan pariwisata itu, meliputi dasar ilmu perhotelan dan selalu rutin dilakukan setiap tahun.

Menurutnya, pembekalan ilmu perhotelan dasar yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa itu merupakan kontribusi Patra Jasa sebagai pelaku perhotelan. Untuk itu, pihaknya berupaya mengembangkan cikal bakal insan pariwisata yang berkualitas.

“Ini merupakan program dimana temen-temen kita memberikan pendidikan kepada anak sekolah dan mahasiswa. Memberikan pemahaman dasar tentang perhotelan, dunia hotel itu seperti apa sih tentunya. Mahasiswa dan pelajar yang diajak itu memang jujuran perhotelan dan pariwisata. Mereka kita beri pembekalan tambahn tentang perhotelan. Jadi, harapannya ketika terjun ke dunia kerja mereka sudah lebih siap,” ungkap Juniarta.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan yang dilakukan Pertamina bersama Patra Jasa digelar tidak hanya di Semarang tapi juga di Bandung, Bali, Anyer, Parapat dan Palembang. Adapun Program CSR tahun ini tidak hanya memberi pembekalan keterampilan perhotelan tapi juga tentang pengelolaan limbah sampah rumah tangga yang melibatkan warga sekitar Patra Jasa Semarang.

“Tiga kelurahan yang dekat dengan hotel kita libatkan. Ada Kelurahan Wonotingal, Candi dan Jomblang. Mereka kita ajari tentang pengolahan sampah menjadi kompos,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya juga memperhatikan kesehatan ibu hamil di lingkungan sekitar, dengan pelatihan senam hamil melalui yoga pre-natal. Kegiatan tersebut akan diikuti 40 ibu hamil, dari tiga kelurahan terdekat.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.