Musim Hujan, Layanan AstraWorld Meningkat

0
71

– APLIKASI ANAVIGO- Regional Office Head AstraWorld Jawa Tengah dan DIY, Heny Nuruliati, menunjukkan aplikasi online Anavigo yang dapat dimanfaatkan konsumen mobil Astra yang membutuhkan bantuan darurat saat perjalanan sela acara forum group disscusion AstraWorld di Hotel Louis Kienne Pemuda Semarang. FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- Musim penghujan yang mulai terjadi belakangan ini diprediksi bakal mendongkrak permintaan order terhadap layanan Emergency AstraWorld. Seperti tren tahun-tahun sebelumnya, permintaan bengkel berjalan ini biasanya akan mengalami kenaikan sekitar 100% dari kondisi normal.

Regional Office Head AstraWorld Jawa Tengah, Henny Nurulliati mengatakan, jika pada kondisi normal rata-rata permintaan di wilayah Jateng dan DIY hanya 250 layanan per bulan. Namun saat musim penghujan bisa mencapai 500 permintaan layanan.

“Permintaan layanan terbanyak terutama untuk aki drop dan mobil tidak tidak bisa distarter karena terendam banjir, alarm kacau, dan lain-lain,” katanya

Menurutnya, di wilayah Jateng-DIY, AstraWorld kini memiliki 192.000 member. Adapun layanan AstraWorld dapat diakses langsung di Kota Semarang, Solo, Jogjakarta dan Pekalongan.

“Dari sisi armada, AstraWorld memiliki 14 mekanis, dengan armada 2 car carrier/truk gendong masing-masing di Semarang dan Jogja, serta ada 4 motor bengkel berjalan di Semarang, Solo, Jogja dan Pekalongan,” ungkapnya.

Dari sisi biaya, lanjutnya, bagi member Astra World (customer yang membeli mobil dari Astra International) diberikan secara gratis, layanan emergency 24 jam selama 5 tahun, untuk di area coverage AstraWorld. Adapun untuk yang Non Member yakni ex member atau pembelian bukan dari Astra, AstraWorld tetap akan membantu dengan biaya tertentu, tergantung penanganan dan jarak.

“Di Jateng-DIY, pengguna layanan AstraWorld terbanyak ada di Semarang 51%, Jogja 22%, Solo 16% dan sisanya Pekalongan,” ujarnya.

Dijelaskan, pemesanan layanan AstraWorld bisa dilayani melalui call center dan aplikasi online Anavigo yang dimiliki AstraWorld. Adapun seiring perkembangan zaman, permintaan bantuan darurat itu kini mulai beralih melalui aplikasi Anavigo yang telah diluncurkan sejak Juni 2016.

“Pemilik mobil merek Astra di antaranya Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot otomatis menjadi member AstraWorld dan dapat memanfaatkan Anavigo jika membutuhkan bantuan darurat di jalan. Untuk menggunakan aplikasi tersebut konsumen tinggal mengunduh Anavigo di PlayStore bagi pengguna Android atau AppStore untuk pengguna iPhone dan memasukan data diri dan mobil,” jelasnya.

Sementara, layanan yang dapat dipesan melalui Anavigo antara lain, jasa derek gendong (car carrier) ke bengkel Astra terdekat, menggantikan ban dengan ban cadangan milik pelanggan. Kemudian, mengaktifkan baterai (accu) yang lemah, membuka mobil karena kunci tertinggal di dalam mobil, hingga gangguan alarm mobil.

“Selain dapat dimanfaatkan untuk memesan bantuan darurat saat perjalanan (car emergency), keunggulan lain Anavigo di antaranya membantu pengguna menemukan lokasi tempat-tempat menarik atau sesuai kebutuhan selama perjalanan seperti SPBU, restoran, ATM, hotel, tempat ibadah, dan tempat rekreasi. Lalu, pada fitur traffic report juga dapat memberikan informasi lalu lintas terkini di sepanjang rute perjalanan,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.