Penting, Investasi SDM Sektor Industri

0
42

– BURSA KERJA- Para pencari kerja mengunjungi stan perusahaan pemberi kerja pada Sinergi Youth Career Fest 2018, di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang. FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- Sektor swasta dan industri harus mengambil porsi besar dalam investasi sumber daya manusia (SDM). Upaya itu dapat dilakukan melalui penyediaan lapangan kerja hingga peningkatan kompetensi para tenaga kerja.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Hanif Dhakiri mengatakan, untuk investasi SDM ini perlu ditingkatkan ke depannya. Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, sehingga butuh dukungan penuh dari sektor swasta dan industri agar percepatan bisa dilakukan.

“Investasi SDM yang dilakukan swasta saat ini sudah mengambil porsi sebesar 70 persen. Atas capaian tersebut, Pemerintah juga perlu didorong untuk memberikan insentif pada dunia usaha yang melakukan investasi SDM baik melalui pemagangan dan pelatihan,” katanya, di sela acara penyerahan sertifikat kompetensi dan Sinergi Youth Career Fest 2018, di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang.

Pada kesempatan itu, USAID melalui Sinergi Youth Career Fest 2018 membuka akses informasi peluang kerja kepada para pencari kerja selama dua hari, Selasa-Rabu (13-14/11) di BBPLK Semarang. Mereka mempertemukan secara langsung para pencari kerja dan perusahaan, serta memberikan informasi tentang kesiapan kerja terkait soft skill untuk kaum muda.

Chief of Party USAID-Mitra Kunci, Eric Bergthold menuturkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memotivasi generasi muda, terutama yang rentan dan secara ekonomi kurang mampu untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengalaman sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan nasional.

“Melalui kegiatan ini kaum muda, khususnya yang secara ekonomi kurang mampu dan rentan bisa tumbuh motivasi agar mereka dapat bersaing di dalam keterbatasan,” ujarnya.

Sementara, Direktur Proyek Sinergi, Agung Binantoro menyampaikan, pihaknya melibatkan 15 perusahaan mitra Sinergi dan 75 perusahaan umum dalam bursa kerja tersebut.

“Selain itu, kami juga ajak empat lembaga latihan kerja dan organisasi mahasiswa,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.