Ketua PBNU Resmikan Masjid ‘Hidayat Sido Muncul’

– PRASASTI MASJID- Ketua Umum Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj, didampingi Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat dan Komisaris Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Sofyan Hidayat, menandatangani prasasti peresmian Masjid ‘Hidayat Sido Muncul’, di Pabrik Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang. FOTO : ANING KARINDRA


UNGARAN- Masjid di lingkungan Pabrik Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah mulai dapat digunakan. Operasional Masjid seluas 2.500 meter persegi secara resmi dilakukan olehKetua Umum Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj.


Masjid Sido Muncul mampu menampung antara 700-800 jamaah, yang diperuntukkan bagi karyawan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.


Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, pembangunan masjid diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh karyawan dalam memudahkan aktivitasnya beribadah. Selain itu,  keberadaan masjid ini akan menguatkan rasa saling mencintai antar sesama manusia.


Selama ini, kata Irwan, sebenarnya sudah ada mushola di masing-masing bangunan pabrik. Hanya saja untuk keperluan sholat Jumat karyawan harus keluar pabrik.


“Dengan adanya masjid ini, kami berharap saat sholat Jumat, karyawan muslim laki-laki bisa menjalankannya di Masjid Sido Muncul. Tak perlu lagi keluar lingkungan pabrik,” katanya, disela Peresmian Masjid Sido Muncul dan Santunan Untuk Dhuafa – Anak Yatim di Kabupaten Semarang.


Menurut Irwan, pembangunan masjid merupakan salah satu pesan yang selalu dilontarkan mendiang mamahnya. Sebelum meninggal 1,5 tahun lalu, mamahnya selalu mengingatkan soal toleransi dan mencintai sesama, selalu berbuat dan bermanfaat untuk banyak orang. 


“Kami menyadari betul, orang itu harus berdoa yang akan berbuah iman dan menumbuhkan cinta kasih. Kalau orang mencintai Tuhan pasti akan berbuah mencintai sesamanya lebih baik,” ungkapnya.


Irwan menegaskan, sebagai perusahaan, Sido Muncul tetap berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, saat Ramadhan kali ini pun Sido Muncul ingin mewujudkan kepeduliannya terhadap masyarakat di sekitar Pabrik Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang.


“Pada Ramadhan kali ini, Sido Muncul berbagi untuk dhuafa dan anak yatim di Kabupaten Semarang. Ada 1.200 paket sembako dan uang saku yang kami bagikan dengan total bantuan hingga Rp250 juta,” terangnya.


Dalam kesempatan tersebut, Camat Bergas, Tri Martono berharap, perhatian Sido Muncul kepada masyarakat dhuafa dan yatim piatu dapar terus berjalan.  


“Semakin majunya perusahaan Sido Muncul ini semoga diiringi dengan makin luas lagi masyarakat dhuafa dan yatim piatu yang tersentuh,” ujarnya.


Sementara, Ketua Umum Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj dalam kesempatan tersebut menyantumkan nama untuk masjid baru tersebut dengan nama ‘Hidayat Sido Muncul’. Said sekaligus menandatangani prasasti peresmian masjid.


“Semoga masjid ini membawa berkah untuk keluarga besar Sido Muncul,” tandasnya.(aln)