Home Bisnis Sido Muncul Kembangkan Bisnis Kopi

Sido Muncul Kembangkan Bisnis Kopi

*Luncurkan Tentrem White Coffee

0
- PRODUK BARU- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Selasa (21/11/2023), meluncurkan produk kopi premium 'Tentrem White Coffee', di Hotel Tentrem Semarang. FOTO : ANING KARINDRA
SEMARANG- PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melakukan inovasi baru dalam bisnisnya. Kali ini, Sido Muncul meluncurkan produk kopi premium baru dengan label ‘Tentrem White Coffee’, pada Rabu (21/11/2023), di Hotel Tentrem Semarang.
Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, kopi Tentrem ini dikemas secara instan 3 in 1 premium, dan merupakan produk lokal pertama di Indonesia. Bahan yang digunakan pun premium, dengan bahan kopi lokal pilihan jenis arabika.
“Selama ini produk kopi premium yang sejenis mayoritas dari luar negeri. Dan kopi Tentrem ini hadir sebagai produk lokal premium yang kualitasnya bakal mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri,” kata Irwan, didampingi keempat adiknya, saat Peluncuran Tentrem White Coffee, Selasa (21/11/2023), di Hotel Tentrem Semarang.
Menurut Irwan, yang membedakan kopi premium Tentrem White Coffee dengan kopi lainnya tak hanya pada kualitas biji kopinya saja, tapi juga proses peracikannya. Apalagi, peracikan Tentrem White Coffee melibatkan puluhan tim yang teruji, mulai dari pemilihan biji kopi, ‘quality control’, uji laboratorium, hingga proses produksinya.
“Biji kopinya ini kualitas terbaik dengan rasa yang enak. Kemasannya pun sangat kekinian dengan ciri khas Semarangan, ada gambar Tugu Muda. Jadi ini desainnya keluar dari kebiasaan orang dengan tampilan yang membidik generasi Z, anak-anak muda,” ungkapnya.
Irwan menuturkan, pada tahap awal ini Tentrem White Coffee masih diproduksi terbatas. Bahkan, pemasarannya pun terpilih di toko-toko modern, serta di restoran dan hotel, terutama di Hotel Tentrem.
Irwan mengisahkan, ide pembuatan kopi Tentrem ini berawal dari mimpinya bertemu mendiang neneknya, Ny Rakhmat Sulistio, pendiri Sido Muncul. Dalam mimpi itu, seolah sang nenek memintanya untuk membuat produk kopi premium.
“Mimpinya sekitar Maret 2023, dimana dalam mimpi itu, nenek saya sambil senyum-senyum pegang cangkir di tangan kirinya dan jempol kanannya menunjuk ke arah cangkir. Dan esok paginya, tak seperti boasamya saya tiba-tiba ingin minum kopi dan minta sekretaris saya membuatkan kopi. Dari situlah saya tersadar, jika arti mimpinya berarti sang nenek memintanya untuk membuat produk kopi premium,” tukasnya.
Irwan pun lantas membicarakan ide tersebut bersama adik-adiknya, dan segera berkoordinasi dengan tim di pabriknya untuk segera mengembangkan bisnis kopi. Dengan proses selama lima bulan, akhirnya terwujudlah kopi premium  yang kini siap dipasarkan.
“Kami memutuskan masuk ke bisnis kopi premium, dan kini telah terealisasi. Kopi premium, berkelas dan bercitarasa tinggi,”  ungkapnya.
Motivator Merry Riana yang juga hadir dalam peluncuran Tentrem White Coffee mengaku takjub dengan rasa dan kualitas kopi besutan Sido Muncul. Penikmat kopi ini bahkan mengaku jika Tentrem White Coffee memiliki citarasa yang enak dan nikmat.
“Kopi menjadi keseharian saya. Dan kali ini saya sangat beruntung menjadi salah satu orang yang disuruh nyoba pertama kali produk Tentrem White Coffee. Ini kopinya enak, manisnya pas, dengan citarasa kopi yang strong. Pas buat saya,” ujarnya.
Hal senada dikatakan Fristian Griec, jurnalis dan host ternama Indonesia yang juga hadir dalam kesempatan tersebut.
“Tentrem White Coffee rasanya wow, kopinya berasa, tapi dengan rasa herbal khas jamu Sido Muncul,” tandasnya.(aln)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version