Bank Sinarmas Terapkan Laku Pandai

0
463

*Gandeng PT Kioson Komersial Indonesia

  KERJASAMA- (kiri – kanan) CEO Kioson, Jasin Halm; Direktur Retail Banking Bank Sinarmas, Soejanto Soetjijo; dan Founder Kioson, Roby Tan; serta Division Head Agent Banking Bank Sinarmas, Iman Budiman, disela penandatanganan MoU kerjasama keagenan Laku Pandai. Foto : dok/alin

SEMARANG- PT. Bank Sinarmas Tbk. (BSIM), bersama PT Kioson Komersial Indonesia (Kioson), Kamis (7/1), resmi menjalin kerjasama sebagai mitra untuk menjadi agen laku pandai BSIM. Hadirnya kerjasama ini melanjutkan komitmen perusahaan dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan layanan keuangan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat menjangkau akses layanan perbankan dengan lebih mudah.

Bertempat di Restaurant Pringgading Magelang, peresmian kerjasama antara BSIM dan Kioson ditandai dengan penandatanganan MoU dan pertukaran plakat antara Direktur BSIM, Soejanto Soetjijo bersama Founder Kioson, Roby Tan.

“Kesadaran masyarakat dalam penggunaan layanan perbankan masih rendah dikarenakan beragam persepsi masyarakat yang antara lainnya adalah jarak kantor bank yang jauh, keterbatasan waktu, dan prosedur yang sulit. Melalui program laku pandai BSIM, kami akan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa layanan perbankan sekarang dapat mereka jangkau dengan sangat mudah, cukup dengan mendatangi agen laku pandai terdekat,” papar Soejanto Soetjijo, Direktur Retail Banking BSIM.

Program Laku pandai merupakan inisiasi Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan dan atau layanan keuangan lainnya melalui kerjasama dengan pihak lain (dalam hal ini BSIM) yang juga didukung oleh penggunaan sarana teknologi informasi. Dalam implementasinya, Laku Pandai membutuhkan peranan agen yang akan bekerjasama dengan bank penyelenggara baik secara perorangan atau berbadan hukum.

“Untuk dapat mencapai target agen laku pandai, BSIM menggandeng pihak ketiga yaitu Kioson, perusahaan yang bergerak di bidang E-commerce yang menggandeng para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama dengan Kioson pada dasarnya adalah kerjasama mutualisme di mana BSIM akan mengoptimalkan agen-agen Kioson sebagai agen laku pandai BSIM. Sebaliknya agen-agen laku pandai BSIM kelak dapat menjadi agen Kioson.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat menunjang bisnis para agen seiring bertambahnya produk dan layanan yang dapat dijual kepada masyarakat dan tentunya akan memberikan potensi penambahan pendapatan bagi para agen,” ungkapnya.

Dengan keberadaan agen laku pandai dan Kioson, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi perbankan seperti setor tunai, tarik tunai dan transfer antar rekening. Ditambah dengan fasilitas yang dimiliki oleh Kioson seperti pembayaran tagihan telepon, pembelian pulsa isi ulang, pembayaran tagihan internet, telpon, listrik, pembayaran TV kabel, pembayaran tagihan asuransi, pembelian tiket pesawat online), serta melakukan transaksi beragam produk belanja daring di laman e-commerce Kioson melalui agen-agen Kioson dan agen-agen Laku Pandai yang telah lulus uji ketuntasan.

“Bank Sinarmas nantinya akan membukakan Rekening Simas BSA (Basic Saving Account) kepada agen-agen yang ditunjuk untuk memudahkan proses transaksi keuangan,” jelasnya.

Menanggapi kemitraan dengan BSIM tersebut, CEO Kioson, Jasin Halim menuturkan, pihaknya yakin kerjasama BSIM dengan Kioson ini akan memfasilitasi masyarakat dalam memudahkan bertransaksi secara digital dan online ditengah tingginya mobilitas masyarakat saat ini. Dengan adanya program kerjasama ini, masyarakat akan lebih mudah melakukan transaksi keuangan di manapun dan kapanpun, melalui agen-agen Kioson.

“Layanan Laku Pandai BSIM telah tersedia di agen-agen Kioson dengan pilihan berbagai transaksi sesuai kebutuhan, yang semakin memperkuat dan melengkapi produk yang sudah dimiliki, baik oleh BSIM maupun Kioson,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.