Kembangkan Kemampuan Menulis dan Bicara Peserta

0
222

*XL Future Leader Workshop

  -XLFL FACE2FACE BANDUNG- PT XL Axiata Tbk (XL) melalui salah satu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) XL Future Leaders kembali melakukan kegiatan lokakarya program kepemimpinan (Leadership Program Workshop) yang dilakukan di Grha XL Martadinata Bandung, akhir pekan lalu (22-23/1). Foto : dok/alin

SEMARANG- PT XL Axiata Tbk (XL) melalui salah satu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) XL Future Leaders, kembali melakukan kegiatanloka karya program kepemimpinan (Leadership Program Workshop), yang dilakukan di Grha XL Martadinata Bandung akhir pekan lalu (22-23/1).

Workshop yang diikuti 25 peserta dari beberapa Universitas di Bandung dan Jakarta ini dilakukan setiap 2 bulan selama 2 tahun.
Workshop mengajarkan tentang kepemimpinan (Leadership), kewirausahaan & Inovasi (Entrepreneurship and Innovation), serta Manajemen Perubahan (Management Change) dimana pembelajaran dilakukan secara offline dan online.

General Manager Finance And Management Service XL Central Region, Taufik Hidayat mengatakan, tim fasilitator kali ini mengajarkan tentang Writing Effectively, meliputi bagaimana menulis laporan yang baik, membuat summary dan analisa, proof reading, hingga bagaimana membuat Curiculum Vitae (CV) dan Cover Letter. Selain itu, materi yang diberikan adalah tentang Speaking Convention, yang kali ini berfokus pada impromptu speaking, dimana sebagai Future Leaders, para siswa harus siap sewaktu-waktu diminta berbicara di depan publik.

“Contohnya, peserta diminta memberikan kata sambutan atau menjadi pembicara secara mendadak, debat pemimpin, wawancara media, dan berbagai situasi lainnya. Dibutuhkan skill dan strategi komunikasi serta pengetahuan yang luas untuk dapat melakukan impromptu speaking dengan baik,” kata Taufik.

Selain dari dua materi tadi, lanjutntya, workshop yang dilaksanakan selama 2 hari itu juga diajarkan tentang penampilan dan kepribadian, oleh pakar kepribadian Linda Lestari yang sudah 12 tahun menjadi pengajar kelas kepribadian. Mengapa pembelajaran tentang penampilan penting bagi seorang pemimpin, karena penampilan dan kepribadian manusia dinilai dari dua hal, lahiriah dan batiniah.

“Batiniah adalah yang yang paling hakiki membentuk citra seseorang, namun perlu waktu untuk mengetahuinya. Lahiriah adalah yang pertama yang langsung dilihat orang lain. Oleh karenanya, penampilan haruslah menjadi perhatian untuk memberi kesan/impresi yang baik terhadap orang sekitar,” jelasnya.

Inardy Rizki, mahasiswa teknik ITB menyatakan, yang paling menarik adalah mayoritas dari peserta workshop adalah mahasiswa laki-laki jurusan teknik, yang seringkali tidak terlalu memperhatikan penampilan.

“Sesi workshop kemarin tentunya menjadi pelajaran penting bagi kami untuk tetap memperhatikan penampilan dimanapun, kapanpun, dan pekerjaan apapun yang akan kami lakukan ke depannya,” ujarnya.

Sementara, sebagai pemimpin masa depan, peserta XL Future Leaders selalu dididik untuk mengetahui bagaimana aturan berpakaian dan berpenampilan; di waktu, tempat dan saat yang tepat.

Program XL Future Leaders bertujuan mencetak generasi muda calon pemimpin. Program ini mengajarkan tiga kompetensi utama, yaitu Komunikasi Efektif, Managemen Perubahan, serta Jiwa Kewirausahaan. Ketiga hal tersebut merupakan keahlian utama atau life skills yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk mencapai level global.
Metoda belajar yang diterapkan berupa perpaduan antara kelas tatap muka sebanyak lima kali dalam setahun, belajar dengan memanfaatkan program-program berbasis teknologi informasi komunikasi, serta aktivitas sosial lapangan.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here