XL Kirim Mahasiswa ke Akmil

XL Kirim Mahasiswa ke Akmil

1163
0
SHARE

*Gembleng Jiwa Kepemimpinan

  XLFL AKMIL 2016- Wakil Gubernur Akademi Militer, Brigjen TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM, menerima kenang kenangan plakat dari Direktur dan Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan, saat membuka pelatihan pelatihan kepemimpinan XL Future Leaders The Scholarship, di Akademi Militer (AKMIL) Magelang, Jumat (29/1). Foto : dok/alin
 

SEMARANG- PT XL Axiata, Tbk (XL) kembali mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti latihan kepemimpinan di Akademi Militer (Akmil), Magelang Jawa Tengah. Sebanyak 100 mahasiswa dari berbagai universitas negeri di Indonesia akan mengikuti pelatihan selama 10 hari, 29 Januari hingga 7 Februari 2016.

Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM, bersama Direktur dan Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan, membuka pelatihan tersebut di Magelang, Jumat (29/1).

Director & Chief Digital Service Officer, Ongki Kurniawan mengatakan, kemampuan dalam kepemimpinan adalah salah satu modal dasar dalam pengembangan bakat seseorang untuk meraih sukses di sama depan. Dengan keahlian dan kurikulum yang dimiliki, Akademi Militer merupakan tempat yang tepat untuk menumbuhkan dan menempa jiwa kepemimpinan para mahasiswa program XL Future Leaders.

“Kita tahu, semua Jenderal TNI ditempa dari tempat ini. Tak ada lagi yang diragukan dari kemampuan Akmil menggembleng para calon pemimpin,” katanya.

Wakil Gubernur Akademi Militer, Brigjen TNI Dudung Abdurrahman, SE, MM. menjelaskan, menempa anak-anak muda Indonesia dan mengasah jiwa kepemimpinan mereka merupakan tugas Akmil juga. Oleh karena Akmil adalah milik rakyat Indonesia.

“Karena itu pula kami menyambut baik kerjasama dengan XL Axiata untuk ikut menggembleng para mahasiswa penerima beasiswa Program XL Future Leaders. Kami memandang program ini sangat baik karena berorientasi pada upaya melahirkan para pemimpin bangsa di masa depan,” jelasnya.

Ongky menambahkan, ini merupakan tahun ke-4 XL menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan kepada penerima beasiswa XL Future Leaders dan tahun ke-2 XL mengirimkan penerima beasiswa XL Future Leaders ke AKMIL Magelang. Pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan para siswa sebagai bagian dari proses belajar.

“Upaya XL tidak hanya mempersiapkan dana yang dapat mendukung keberlangsungan pendidikan para penerima beasiswa XL Future Leaders, tetapi juga mempersiapkan mereka agar bisa lebih siap menjadi pemimpin masa depan dan mampu berkompetisi secara global. Ini merupakan wujud dari komitmen XL untuk terus mendukung peningkatan dunia pendidikan di Indonesia sekaligus mempersiapkan pemimpin masa depan yang berkompeten,” lanjut Ongky.

Menurutnya, selama sepuluh hari penerima beasiswa tersebut akan dibimbing langsung oleh para instruktur dari Akmil, Yayasan Karya Salemba Empat, dan XL sendiri. Serangkaian program pelatihan yang akan diberikan meliputi pengembangan karakter, e-Learn,personal grooming, wawasan kebangsaan, dan bela negara.

“Semua materi akan disampaikan di lingkungan dan menggunakan fasilitas Akmil, tempat di mana ratusan Taruna Akmil juga belajar di sana,” ujarnya.

Sementara, para peserta pelatihan merupakan 100 orang mahasiswa yang lolos mengikuti program beasiswa XL Future Leaders tahun 2015/2016. Mereka adalah mahasiswa tahun akhir yang belajar di 15 universitas negeri di berbagai daerah di Indonesia.

“Beasiswa akan berlaku selama 1 tahun. Kampus mereka adalah Universitas Indonesia, Univeritas Negeri Jakarta, Insitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Udayana, Universitas Nusa Cendana, Universitas Mulawarman, dan Universitas Sam Ratulanggi,” terangnya.

Dalam perekrutan mahasiswa penerima beasiswa, XL bekerjasama dengan Karya Salemba Empat (KSE), sebuah organisasi nirlaba yang mengelola dana beasiswa bagi mahasiswa. Dalam perekrutan mahasiswa untuk beasiswa ini, XL dan KSE antara lain menggunakan kriteria antara lain prestasi akademik, juga kemampuan ekonomi peserta dalam meneruskan pendidikannya.

Selain itu, perekrutan juga didasarkan pada disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan XL dalam merekrut karyawan. Para mahasiswa penerima beasiswa XL Future Leaders melalui rekrutmen yang dilakukan oleh KSE ini memang akan mendapatkan kesempatan untuk berkarir di XL.

Ketua Karya Salemba Empat, Arief Wana mengatakan, melalui program beasiswa, Yayasan Karya Salemba Empat berupaya untuk membantu para mahasiswa melanjutkan pendidikan mereka di perguruan tinggi, baik melalui dukungan dana maupun pengembangan softskill. Berkat kesempatan ini mereka dapat secara aktif mencitptakan ide-ide kreatif yang diaplikasikan dalam berbagai program pengabdian masyarakat.(aln)

LEAVE A REPLY