TPKS Segera Luncurkan ‘Smart CY’

0
293

  SEMARANG- Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) segera meluncurkan ‘smart CY’ (Container Yard) atau lapangan penumpukan di tahun ini. Untuk saat ini, proses pembangunan lapangan penumpukan sudah selesai, tinggal menunggu selesainya perakitan dari Automatic Rubber Tyre Gantry (A-RTG).

General Manager TPKS, Erry Akbar Panggabean mengatakan, saat ini untuk A-RTG diakuinya masih dalam tahap perakitan. Proses tersebut membutuhkan waktu tidak sebentar, mengingat ukuran alat berat yang cukup besar dan perakitan harus dilakukan satu per satu.

“Setelah itu, bersamaan dengan selesai perakitan, baru lapangan penumpukan kami pakai,” katanya.

Ditambahkan, sesuai dengan rencana awal, 11 unit A-RTG yang saat sedang dirakit tersebut seluruhnya akan dioperasionalkan di lapangan penumpukan yang baru.

“Kenapa kami sebut ‘smart CY’, karena nantinya tidak ada operator RTG yang ada di sana. Seluruhnya dikendalikan melalui komputer,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, nantinya akan digunakan pencahayaan atau lampu LED yang bersifat ramah lingkungan. Sesuai rencana, pada saat lapangan penumpukan sedang beraktivitas, maka tingkat pencahayaan akan penuh atau 100 persen, sedangkan saat tidak beraktivitas pencahayaan hanya mencapai 60 persen.

Sementara, dengan dioperasikannya lapangan penumpukan yang baru tersebut, total lapangan penumpukan yang ada di TPKS sebanyak enam lapangan penumpukan. Sedangkan dari sisi kapasitasnya, untuk lapangan penumpukan baru ini berkapasitas 80 ribu teus/tahun.

“Jadi total kapasitas setiap tahun dari seluruh lapangan penumpukan ini mencapai 800 ribu teus,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.