BNI Targetkan KUR Rp1,75 Triliun

0
276

*Di wilayah Semarang

SEMARANG- BNI Wilayah Semarang mentargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di tahun ini mencapai Rp1,75 triliun. Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan penyaluran KUR tahun lalu yakni Rp499 miliar lebih.

Wakil Pimpinan BNI Wilayah Semarang Bidang Bisnis Banking, Dedi Priambodo mengatakan, penyaluran KUR tahun ini lebih tinggi tiga kali lipat dari tahun sebelum. Pasalnya, Jawa Tengah merupakan wilayah kantong-kantong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Tahun lalu pencapain kami sesuai dengan target bahkan lebih. Dari target Sebesar Rp498, dan posisi Desember mampu mencapai 100,3 persen, dengan jumlah debitur mencapai 2060,” katanya, disela-sela Sosialisasi dan Koordiasi KUR tahun 2016 di Wisma Perdamaian Semarang, Kamis (18/2).

Diakuinya, sejak awal Januari 2016, BNI sudah bergerak untuk melakukan penyaluran KUR kepada para pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah. Sampai dengan dengan Februari ini KUR yang sudah disalurkan oleh BNI wilayah Semarang sudah mencapai Rp200 Miliar lebih. 

Penyaluran KUR akan terus dimaksimalkan, salah satunya adalah dengan membidik toko-toko, dan distributor maupun suplayer yang bisa dibiayai KUR, dari pelaku industri yang dibiayai oleh BNI.

“Jadi kami kan tidak hanya membiayai KUR saja, tapi juga membiayai Midle Market. Debitur dari Midle Market ini punya distributor, punya suplayer, dan lainnya ini yang akan kita bidik akan kami ambil semua. Jadi pabrikannya kita biayai, dan dibawah-bawahnya juga,” jelasnya.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya kredit macet, BNI tidak akan membiarkan begitu saja pelaku UMKM yang telah dibiayai KUR. BNI akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan, secara berkesinambungan supaya pelaku UMKM mampu tumbuh baik.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Bobby Hamzar Rafinus menambahkan, wilayah Jawa Tengah memiliki potensi besar untuk penyaluran KUR. Di Jateng banyak terdapat kantong-kantong UMKM, yang masuk kriteria penerima KUR. 

“Melihat potensi yang ada, pemerintah mentargetkan, setidaknya 1,2 juta pelaku UMKM di Jawa Tengah bisa menerima penyaluran KUR. Dan saya yakin target 1,2 juta penerima KUR bisa tercapai, kalau Pemerintah daerah, Perbankan dan juga lembaga penjamin bekerjasama dengan baik,” imbuhnya.

Dengan jumlah perbankan yang mencapai 19 bank, dia optimis penyaluran KUR akan maksimal. Bahkan, secara nasional harapan penyaluran KUR bisa mencapai Rp100-120 triliun.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here