SIDO  MUNCUL  ADAKAN  PENANDATANGANAN  KERJASAMA  OPERASI  KATARAK  DENGAN  TNI  ANGKATAN  LAUT

0
310

IMG_20160330_115923

Lampung – Merealisasikan perjanjian kerjasama bakti sosial operasi katarak antara PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) pada tahun 2016 sebanyak 12.000 mata. Maka Rabu (30/3) bertempat di Desa Merak Belantung, Kalianda, Lampung Selatan  Sido Muncul menggandeng TNI AL untuk bekerjasama melaksanakan baksos operasi katarak sebanyak 2.000 mata di seluruh Indonesia.

Penanda tanganan nota kesepahaman Sido Muncul dan TNI AL ini berbarengan dengan acara tahunan TNI AL yaitu Bedah Desa Pesisir II/2016 yang pada tahun ini di pusatkan di Propinsi Lampung. Acara yang bertemakan “Melalui Bedah Desa Pesisir tahun 2016 Kita Bangun Kembali Budaya Maritim Indonesia” dengan harapan bisa mesukseskan program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah pesisir, dengan meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembinaan generasi  muda serta peduli lingkungan. Dengan realisasi kegiatan antara lain renovasi rumah nelayan, renovasi Mushola, normalisasi irigasi, pembangunan MCK, pengobatan umum, baksos operasi katarak, pengobatan gigi, sunatan massal, penyuluhan bahaya narkoba, pendidikan, bela negara, mitigasi bencana, kewirausahaan, perkemahan pramuka, olah raga air, pentas seni & budaya, penghijauan, pelestarian lingkungan dll.

Penanda tanganan MOU baksos operasi katarak Sido Muncul dengan TNI AL akan menjadi bagian dari rangkaian acara bedah desa pesisir 2016.  Acara tersebut akan dihadiri Direktur Utama PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi beserta jajarannya.

Baksos operasi katarak dengan TNI AL akan diawali dengan operasi katarak untuk 200 pasien dari Lampung dan sekitarnya yang realisasinya akan dilakukan sesegera mungkin karena masih dalam satu rangkaian acara tahunan TNI AL Bedah Desa Pesisir 2016.

Sebelumnya realisasi dari komitmen baksos katarak antara PT. Sido Muncul dengan Perdami  ditahun 2016 sebanyak 12.000 mata sudah dilakukan nota kesepahaman  dengan TNI AD, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Klinik Mata Utama Gresik,  Kuningan Eye Center, kali ini dengan TNI AL dan akan disusul dengan instansi-instansi lain.

Kegiatan CSR baksos katarak yang dilakukan Sido Muncul bekerja sama dengan Perdami, Rumah Sakit/klinik mata dan instansi lain ini sudah dilakukan sejak tahun 2011 dan telah dilaksanakan di 27 propinsi, 207 Kota/Kabupaten dan di 228 Rumah Sakit/Klinik Mata di seluruh Indonesia. Sampai akhir tahun 2015 jumlah mata yang telah dioperasi sebanyak 45.000 mata.

Dirut Sido Muncul, Irwan Hidayat ditempat terpisah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya baksos katarak ini karena semakin luas dukungan masyarakat terhadap upaya pemberantasan buta katarak di Indonesia maka jumlah penderita katarak di Indonesia semakin berkurang sehingga meningkatkan produktivitas penderitanya.

Pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan baksos katarak PT.  Sido Muncul antara lain : Pemda Tk. I & II, Kementrian Pembanguan Daerah Tertinggal (PDT) RI, Kementerian Kehutanan RI, Kementerian Kesehatan RI, Mabes TNI, Kodam I/Bukit Barisan, Kodam II/ Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam IX/Udayana, Kodam XVI/Pattimura, POLRI, POLDA Metro Jaya, POLDA Jateng, POLDA Jawa Barat, POLDA DIY, POLDA Jatim, POLDA Batam, TNI AL, Persatuan Pensiunan Angkatan Laut (PPAL), Fakultas Tehnik Universitas Indonesia, Universitas Gajahmada, Universitas Diponegoro, Universitas YARSI, PBNU, NU Fatayat, PUKAT/Keuskupan Surabaya, KOWANI, IWAPI, WITT, Pelindo, Yayasan Kick Andy, Kodam Iskandar Muda, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), puluhan RS & Klinik Mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here