XL Uji Jaringan di Seluruh Wilayah Layanan

0
237

SEMARANG- Sebulan menjelang masuk Ramadan, XL telah memastikan kesiapan jaringannya di seluruh wilayah layanan yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dilakukan dengan asumsi sebagian besar pelanggan dan penduduk negeri ini adalah Muslim dan akan menunaikan ibadah Ramadan.

Intensitas komunikasi dengan sanak keluarga, kerabat, teman, dan relasi akan mereka tingkatkan. Kebutuhan untuk mampu berkomunikasi akan akan meningkat pula.

image

– UJI JARINGAN- Seorang petugas tengah mengecek kondisi jaringan di salah satu BTS XL. Foto : IST/ANING KARINDRA

 
Vice Presiden Service Operation Managemen XL, I Gede Darmayusa, mengatakan uji jaringan telah XL lakukan di sebagian besar area yang setiap tahun rutin mengalami kenaikan trafik secara signifikan. Uji jaringan tersebut sekaligus menjadi saranaXL mengidentifikasi kendala apa saja yang ada untuk dilakukan perbaikan. 

“Targetnya, memasuki Ramadan, jaringan XL sudah sepenuhnya siap melayani kebutuhan pelanggan, termasuk jika terjadi lonjakan trafik,” katanya.
 
Menurutnya, dengan asumsi era digital semakin meniadakan hambatan-hambatan komunikasi, maka diperkirakan siapa saja yang berada di mana saja, sejauh ada koneksi telekomunikasi dan internet akan bisa terkoneksi ke dunia. Bahkan, bagi mereka yang berada di tempat terpencil secara geografis. 

“Oleh karena itu, XL merasa perlu memastikan semua jaringan aman untuk menampung kenaikan trafik di saat berlangsungnya hari-hari sibuk tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk menunjukkan seperti apa upaya mempersiapkan jaringan menjelang Ramadan dan Lebaran tersebut, XL kembali mengajak awak media massa menyaksikan sendiri tatacara uji jaringan dilakukan. Kali ini, uji jaringan mengambil sampel di area Yogyakarta dan sekitarnya. 

“Daerah ini setiap tahun menjadi tujuan para pemudik, dan sekaligus destinasi wisatawan lokal dan mancanegara selama libur panjang Lebaran,” imbuhnya.

Dijelaskan, melayani lebih dari 42 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 59.000 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G). Selain itu juga jaringan backbone fiber optic sepanjang lebih dari 40 ribu km yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan, dan Sulawesi.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here