BCA Gelontor Beasiswa Rp25 Miliar

0
200

SEMARANG- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah mengalokasikan anggaran hingga Rp25 miliar pada tahun ini kegiatan Corporate Social Responbility (CSR) di bidang pendidikan, melalui pilar ‘Solusi Cerdas BCA’. Dari jumlah tersebut, Rp4,5 miliar diantaranya akan diberikan dalam bentuk beasiswa kepada 16 universitas negeri di Indonesia. 

Head of CSR BCA, Sapto Rachmadi mengatakan, universitas negeri yang telah bekerjasama dengan BCA antara lain  Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain itu, Universitas Udayana (Unud), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Mulawarman (Unmul), dan Universitas Cendrawasih (Uncen).

“Sementara baru 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang telah kerjasama untuk pemberian beasiswa dari BCA, dan pada tahun ini kami belum ada rencana untuk menambah jumlah kampus penerima beasiswa,” katanya, disela kegiatan ‘Young Leaders- Its starts with You and end with others’, di Balemong, Ungaran, Sabtu (14/5) kemarin.

image

– CSR BCA- Head of CSR BCA, Sapto Rachmadi, berfoto bersama para penerima beasiswa BCA dari Undip Semarang, Sabtu (14/5), dalam kegiatan ‘Young Leaders- Its starts with You and end with others’, di Balemong, Ungaran. Foto : ANING KARINDRA

Menurutnya, masing-masing universitas mendapat alokasi antara 30-50 mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa BCA. Para penerima beasiswa, selain mendapatkan uang kuliah, juga pengembangan soft skill seperti pelatihan atau seminar. 

“Bahkan, setelah menyelesaikan program, BCA akan memberikan penawaran kepada peserta untuk bekerja sebagai karyawan BCA, apabila perusahaan membutuhkan,” ungkapnya.

Sapto mengaku, salah satu pelatihan yang diberikan kepada penerima beasiswa BCA seperti yang berlangsung Sabtu (14/5), bagi seluruh peserta dari Undip Semarang. Sedikitnya 42 orang penerima beasiswa dari Undip diberikan pelatihan leadership untuk pengembangan diri.

Kepala Pendukung Operasi Kantor Wilayah BCA II Semarang, Hanna W Handoyo menambahkan, melalui pelatihan ini BCA memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan, yang dimulai dari pengenalan diri sendiri, serta bagaimana mengelola diri untuk mencapai goal terbaiknya. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa, agar mereka mengetahui karakter dan bakat yang terdapat dalam diri mereka. 

“Bekal ilmu tersebut tentunya semakin melengkapi mahasiswa dalam rangka menyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. Pasalnya, pengalaman ini belum tentu mereka peroleh di bangku perkuliahan,” imbuhnya.
 
Sementara, pelatihan leadership untuk mahasiswa penerima Beasiswa Bakti BCA telah berlangsung secara berkelanjutan. Sebelumnya, BCA mengadakan pelatihan kepada penerima beasiswa Bakti BCA dari Universitas  Indonesia dan Institut Pertanian Bogor pada Februari 2016 lalu. Sebagai pembicara, Founder & Direktur Unison Outbound Training Narendra hadir untuk memberikan pembekalan dan motivasi kepada para mahasiswa.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here