Sido Muncul Kampanye ‘Go Green’

Sido Muncul Kampanye ‘Go Green’

141
0
SHARE

*Penggunaan Kantung Non Plastik

image

– GO GREEN- Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, menunjukkan kantung non plastik produksi Tolak Linu Sido Muncul, sebagai bagian dari kampanye ‘Go Green’, pekan kemarin. Foto : ANING KARINDRA.

SEMARANG- Perusahaan jamu dan farmasi, PT Sido Muncul Tbk kini terus berupaya mengkampanyekan ‘Go Green’. Kampanye tersebut terutama terkait dengan penggunaan kantung non plastik yang ramah lingkungan.

Seruan penggunaan kantung non plastik dilakukan langsung oleh Irwan Hidayat, selaku Direktur PT Sido Muncul Tbk, tepatnya usai memperoleh penghargaan SCTV Award melalui ‘Gerakan Tolak Linu Kantong Plastik’ pada akhir Mei lalu. Irwan memperkenalkan kantong sampah jadi emas yang ramah lingkungan.

“Kami menyadari program plastik berbayar tidak akan menyelesaikan masalah. Dengan cara ini kami berharap meringankan beban lingkungan,” katanya.

Irwan menambahkan, saat pemerintah gencar mengkampanyekan program plastik berbayar, pihaknya sangat mendukung dan langsung membuat Gerakan Tolak Linu Kantong Plastik. Namun demikian, dia menyadari program itu masih kurang efektif dalam menanggulangi menjamurnya penggunaan kantong plastik.

“Di Indonesia saat ini ada 300.000 ton sampah setiap hari. Dari angka tersebut, hanya 30.000 ton sampah plastik yang bisa dikumpulkan oleh para pemulung, dimana ada pula 20.000 ton yang hanyut merusak lingkungan,” imbuhnya.

Menurutnya, sampah sebanyak 30.000 ton satu harinya bisa berharga hingga Rp 600 Miliar. Berkaca dari hal tersebut, maka pihaknya pun menggalakkan program memilah sampah. 

“Kami dari Sido Muncul berupaya mengajak masyarakat untuk mulai menjalankan program itu dari rumahnya masing-masing. Kita kampanyekan kepada masyarakat untuk memilah sampah daur ulang. Berikan kepada pemulung sebagai sedekah. Dengan begitu jumlah sampah yang dapat didaur ulang akan lebih banyak lagi dan masyarakat dapat membantu para pemulung untuk dapat nafkah yang lebih baik,” jelas Irwan.

Irwan mengaku, penghargaan Liputan 6 Awards 2016 yang diberikan kepada perusahaannya akan menjadi cambuk bagi upaya pelestarian lingkungan. 

“Penghargaan atas lingkungan dari Liputan 6 Awards ini membuat dan mendorong kami untuk tetap konsisten dalam melakukan tugas-tugas kami dalam menjaga lingkungan,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY