Jelang Lebaran, Kulkas Laris Manis

0
316

image

– PAMERAN- Sejumlah pengunjung memadati area pameran elektronik ‘HomeTech 2016’ yang digelar ke-29 di Global Elektronik Pandaran Semarang, kemarin. Foto : ANING KARINDRA

SEMARANG– Menjelang Lebaran, penjualan lemari es atau kulkas di Kota Semarang mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Permintaan kulkas bisa meningkat hingga 100% dibandingkan kondisi bulan-bulan normal sebelumnya.

Branch Manager Sharp Elektronik Semarang, Anton Fathoni mengatakan, bulan Ramadan ini menjadi masa ‘peak season’ untuk penjualan kulkas. Bahkan, saat ini Sharp sampai kehabisan stok untuk produk kulkas, khususnya untuk kulkas satu pintu. 

“Untuk kulkas saat ini kami sudah tidak ada stok sama sekali. Gudang kita sudah kosong,” katanya, disela-sela Pembukaan Pameran Elektronik HometEch 2016, di Global Elektronik Pandanaran Semarang, kemarin.

Menurutnya, penjualan kulkas sendiri memberikan kontribusi sekitar 40% dari total penjualan produk Sharp. Sedangkan produk kulkas terlaris berada pada harga kisaran Rp1,5 jutaan hingga Rp1,8 juta. 

“Memang saat ini dibandingkan produk lain, penjualan kulkas paling tinggi,” ungkapnya.

Dijelaskan, dibandingkan momentum Lebaran tahun lalu, penjualan elektronik saat ini meningkat signifikan. Apalagi, momentum Lebaran saat ini masyarakat, khususnya PNS tengah banyak mengantongi uang dari gaji ke-13 dan ke-14 yang akan segera cair, serta THR untuk karyawan swasta. 

Lonjakan penjualan juga dialami oleh Global Elektronik sebagai peritel produk elektronik terbesar di Kota Semarang. Global Elektronik sendiri mencatat, sejak sebulan terakhir penjualannya meningkat tajam, terutama pada produk-produk small home appliances.

“Untuk produk elektronik rumah tangga penjualan sangat bagus,” jelas Gouw Andy Siswanto, Managing Director Global Elektronik Semarang.

Menurutnya, penjualan elektronik paling terasa membaik mulai minggu kedua bulan Ramadan. Diperkirakan, sampai akhir Ramadan atau setelah Lebaran penjualan akan semakin meningkat.

“Bulan puasa baru dapat satu minggu peningkatan penjualan Elektronik di Kota Semarang sudah sangat dirasakan,” ungkapnya.

Diakuinya, penjualan kulkas dan air conditioner (AC) juga meningkat hingga dua kali lipat dari bulan sebelumnya. Pihaknya, bahkan sampai kewalahan untuk melakukan pengiriman barang. 

“Di awal puasa ini penjualan sudah naik 8%. Bahkan, untuk menghadapi lonjakan permintaan perangkat elektronik, kami sudah jauh-jauh hari melakukan penambahan stok produk hingga 300%,” tegasnya. 

Sementara itu, terkait dengan pameran HomeTech yang digelar mulai 15 Juni sampai 3 Juli mendatang, Global Elektronik memberikan berbagai kejutan, diantaranya berupa potongan Rp200ribu untuk setiap pembelian Kulkas dan Ac. Selain itu juga ada sejumlah program lain, termasuk midnight sale.

“Global elektronik juga menggandeng sejumlah lembaga pembiayaan, yang akan memberikan kemudahan kepada setiap konsumen yang akan melakukan pembelian secara kredit,” tandasnya.(aln) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here