Operasi Katarak Bareng Sido Muncul

0
224

OPERASI KATARAK GRATIS- Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, menemui sejumlah peserta operasi katarak gratis, yang digelar Sido Muncul bersama Perdami, Polres Semarang, dan RS Ken Saras. FOTO : ANING KARINDRA

SEMARANG- Tingkat penderita katarak di Indonesia yang masih sangat tinggi, mendorong PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, untuk terus berupaya mengentaskannya. Kali ini, Sido Muncul menggelar bakti sosial operasi katarak gratis, bekerjasama dengan Polres Semarang, RS Ken Saras dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Jateng, dalam rangka HUT ke-61 Polantas.

Direktur Marketing PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan, operasi katarak gratis telah dilakukannya sejak tahun 2011, bekerjasama dengan Perdami dilakukan sejak 2011. Baksos telah digelar di 27 provinsi, 210 kabupaten/kota, 235 rumah sakit/klinik mata/puskesmas di Indonesia.

“Hingga Agustus 2016, operasi ini telah mengoperasi 47.878 penderita,” kata Irwan, disela Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, di RS Ken Saras, Ungaran, kemarin.

Irwan juga meminta warga untuk tidak takut dioperasi Karena selain tak dipungut biaya, operasi yang dilakukan juga tidak sakit. 

“Banyak penderita yang takut dioperasi, sehingga tak tertolong dan mengalami kebutaan,” ujarnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dalam sambutannya menuturkan, kegiatan operasi katarak gratis ini sejalan dengan program organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni Vision 2020. Sedangkan di Jawa Tengah masih banyak penderita gangguan penglihatan termasuk katarak.

“Karena katarak merupakan penyebab kebutaan yang besar, saya sudah perintahkan para Kapolsek dan babinkamtibmas untuk mendata warga penderita katarak dan melaporkannya untuk ditindaklanjuti,” ujar Condro Kirono.

Kapolres Semarang, AKBP Vincentius Thirdy Hadmiarso menambahkan, ada 60 warga penderita katarak yang terdaftar. Namun setelah dilakukan pemeriksaaan kesehatan, hanya 40 orang yang memenuhi syarat untuk dioperasi.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here