​Canon PhotoMarathon 2016 Siap Digelar di Tiga Kota

0
1006


Yogyakarta – Canon PhotoMarathon Indonesia, ajang fotografi terbesar di Indonesia, yang juga merupakan bagian dari ajang fotografi terbesar di Asia yakni Canon PhotoMarathon Asia, akan digelar untuk kedelapan kalinya. Di tahun 2016 ini, tiga kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta turut didapuk sebagai tuan rumah perhelatan fotografi terbesar di Asia ini.

Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 akan digelar pada 22 Oktober 2016 di Lenmarc Mall – Surabaya, 30 Oktober 2016 di Hartono Mall – Yogyakarta dan 12 November 2016 di Epiwalk – Jakarta. Pada perhelatan fotografi akbar ini para peserta berkesempatan menunjukkan kebolehan fotografinya serta memperebutkan rangkaian hadiah senilai ratusan juta rupiah serta puluhan trip photo clinic ke Jepang dan destinasi fotografis dalam negeri.

Sebagai daerah istimewa dengan kekayaan budaya yang terkandung di dalamnya, Yogyakarta selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para fotografer dari berbagai usia dan ragam latar belakang. Daya tarik ini pun telah berhasil menjadikan kota ini sebagai pilihan lokasi pengambilan gambar acara reality show Photo Face Off musim ketiga. Photo Face Off sendiri merupakan produksi perusahaan media global A+E Networks yang mengadopsi konsep lomba Canon PhotoMarathon dan membawanya ke layar kaca lewat saluran HISTORY Channel.

Dalam setiap tahun penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia di Yogyakarta sejak 2011, antusiasme peserta di kota pelajar ini selalu mengundang decak kagum. Bahkan dari tiga tahun terakhir ini peserta yang mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia di Yogyakarta selalu mencatat angka di atas 1000 orang.

Untuk itulah Canon PhotoMarathon Indonesia 2016 akan kembali menyambangi kota pelajar ini untuk keenam kalinya, tentunya dengan kemasan acara yang semakin seru.

Selain pengalaman mengikuti lomba dan kesempatan mengasah kemampuan visual fotografi lewat sesi foto tematis, para peserta juga akan memperoleh ilmu foto yang berharga melalui sesi seminar dari para fotografer profesional. Dan secara khusus untuk seminar fotografi di Yogyakarta, pembicara yang hadir adalah seorang fotografer profesional yang sudah tidak asing lagi yaitu Yulianus Ladung. 

Para peserta juga akan disuguhi berbagai hiburan dan permainan menarik sepanjang acara, termasuk pagelaran pameran foto yang inspiratif. Serangkaian acara inilah yang membuat Canon PhotoMarathon Indonesia menjadi ajang yang selalu dinanti para penggemar fotografi dan juga menjadi ajang rekreasi bagi para peminat foto yang ingin merasakan keseruan acara akbar ini.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman baru bagi para peserta setia Canon PhotoMarathon Indonesia, tahun ini acara akan digelar hingga malam hari dengan tantangan baru yang pastinya semakin menarik.

Dan sejalan pula dengan misi Canon dalam mengembangkan dunia fotografi termasuk memupuk para fotografer muda, tahun ini kategori lomba khusus bagi para pelajar SD sederajat hingga SMA sederajat juga akan memperebutkan hadiah kamera yang juga semakin seru untuk semakin memotivasi semangat berkreasi para pelajar di ajang ini. 
“Sejak dunia fotografi memasuki era digital, semakin banyak pelajar yang tertarik dan menekuni bidang ini sebagai hobi. Canon PhotoMarathon Indonesia merupakan ajang yang sangat tepat untuk mengasah dan menguji kreativitas fotografis mereka mengingat dalam lomba ini, kreativitas dan pemanfaatan momen spontan menjadi kunci utama untuk menjadi pemenang,” jelas Sintra Wong – Division Manager of Canon Image Communication Product Div., pt. Datascrip.(aln)

Sebagai informasi, sejarah Canon PhotoMarathon berawal dari Canon PhotoMarathon Singapore yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003. Empat tahun kemudian ajang ini merambah ke negara-negara Asia lainnya di bawah bendera Canon PhotoMarathon Asia, termasuk Indonesia yang mulai bergabung sebagai salah satu negara penyelenggara sejak tahun 2009.  Tahun ini Canon PhotoMarathon Asia akan berlangsung di 11 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, India, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Taiwan, Sri Lanka, dan Brunei.

Kesuksesan penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia telah mendapat pengakuan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada tahun 2010 sebagai acara ‘Lomba dan Hunting Foto dengan Peserta Terbanyak’. Tahun lalu, pada Canon PhotoMarathon Indonesia 2015 yang digelar di Bali, Yogyakarta dan Jakarta, mengumpulkan total peserta lebih dari 4.500 orang. 

“Canon PhotoMarathon Indonesia telah memasuki tahun kedelapan dan masih terus menjadi ajang yang selalu dinanti-nantikan para penggemar fotografi di tanah air. Selain memberikan ruang eksperimen dan ekspresi bagi para penggemar fotografi, Canon PhotoMarathon Indonesia juga menjadi wadah silaturahmi serta bertukar pengetahuan dan pengalaman seputar fotografi bagi para pesertanya,” tutup Merry Harun – Direktur Divisi Canon pt. Datascrip.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.