Daop 4 Semarang Tambah 2 Kereta Baru

0
446

*KA Ciremai dan KA Ambarawa Ekspress


SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang menambah dua jadwal perjalanan kereta api baru. Keduanya yakni KA Ciremai yang akan melayani rute Semarang-Bandung (PP), dan KA Ambarawa Ekspress melayani Semarang-Surabaya (PP).

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo mengatakan, untuk KA Ciremai ini sebenarnya hanya dilakukan perpanjangan rute saja. Sebelumnya, KA Ciremai sudah ada melayani rute Cirebon-Bandung (PP) dan kini diperpanjang rutenya hingga ke Semarang-Bandung (PP).

“Ini dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di Kota Semarang dan sekitarnya yang ingin bepergian ke Bandung, sehingga menambah pilihan lagi, setelah sebelumnya rute Semarang-Bandung hanya dilayani KA Harina (Surabaya-Bandung) yang melintas Semarang,” katanya.

Menurutnya, selama ini KA Harina memiliki okupansi yang selalu tinggi. Dengan kehadiran KA Ciremai di Daop 4 ini diharapkan kebutuhan transportasi masyarakat dari Semarang menuju Bandung dan sebaliknya dapat semakin terakomodir.

“KA Ciremai akan mulai beroperasi pada Senin (3/10) mendatang, dengan jam keberangkatan dari Semarang jam 17.35 WIB dan tiba di Bandung jam 02.00 WIB,” ungkapnya. 

Dijelaskan, KA Ciremai akan membawa 8 rangkaian kereta penumpang dengan kapasitas 260 orang, masing-masing 4 gerbong kelas eksekutif dan 4 gerbong kelas bisnis. Adapun tarif yang dipatok untuk kelas bisnis antara Rp120.000-Rp180.000, dan kelas eksekutif batas bawah Rp200.000-Rp260.000.

Edy menambahkan, untuk KA Ambarawa Ekspress sendiri akan melayani rute Semarang Poncol – Surabaya Pasar Turi, dan mulai beroperasi pada Selasa (4/10) mendatang. KA Ambarawa Ekspress menggantikan KA Blora Ekspress, yang kini ditiadakan.

“KA Ambarawa Ekspress berkapasitas 640 orang penumpang, dengan membawa rangkaian kereta api kelas ekonomi AC. Sedangkan jadwal perjalanan dari Semarang jam 07.00 WIB dan sampai Surabaya jam 11.55 WIB,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Edy, untuk ke Surabaya juga telah dilayani KA Maharani dengan okupansi yang cukup bagus hingga 70% lebih. Harapannya, KA Ambarawa mendapat respon positif dengan piihan waktu yang beragam. 

“Tarif KA Ambarawa Ekspress Rp60.000 Semarang -Cepu dan Rp80.000 untuk tujuan Semarang-Surabaya,” tegasnya.

Sementara, pemesanan tiket untuk kedua jadwal perjalanan kereta yang baru ini sudah dapat dilakukan, baik melalui online maupun outlet yang telah bekerjasama.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here