Pertamina Gelontor CSR Rp200 Miliar

0
359

*Bantu Teknik Kimia Undip Rp1 Miliar

– GEDUNG BARU- SMEPP Operation Manager PT Pertamina (Persero), Agus Mashud S. Asngari, dan Dekan Fakultas Teknik Undip Semarang, Agung Wibowo, bersama para mahasiswa Teknik Kimia Undip, meresmikan gedung baru 3 lantai bantuan dari PT Pertamina (Persero) untuk  Fakultas Teknik Undip Semarang. Foto : ANING KARINDRA.

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) pada tahun ini mengalokasikan dana Corporate Social Responbility (CSR) hingga Rp200 miliar. Dana tersebut digelontorkan untuk berbagai sektor di seluruh Indonesia, mulai dari pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat.

SMEPP Operation Manager PT Pertamina (Persero), Agus Mashud S. Asngari mengatakan, untuk di wilayah Jateng-DIY sendiri, Pertamina kini tengah menggarap sektor pendidikan, yakni dengan menggelontorkan dana Rp1 miliar untuk membangun gedung lobby Fakultas Teknik Kimia Undip. Gedung ini akan mendukung mahasiswa, dimana ada bagian administrasi, ruang rapat, dan ruang ujian.

“Kami gelontor CSR Rp1 Miliar di bidang pendidikan di Undip ini,” katanya, disela Peresmian Gedung Fakultas Teknik Kimia Undip Semarang.

Pada kesempatan tersebut Agus Mashud menyampaikan, pembangunan gedung ini merupakan kontribusi Pertamina dalam mempersiapkan SDM Indonesia yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi SDM unggulan Indonesia. Gedung dengan 3 lantai ini diharapkan dapat menjadi sentra kegiatan mahasiswa Teknik Kimia Undip.

“Rencana alokasi penggunaan lantai 1 sebagai lobby pusat kegiatan mahasiswa, lantai 2 sebagai pusat administrasi mahasiswa dan lantai 3 sebagai ruang serba guna yang dikhususkan untuk ruang sidang calon lulusan Teknik Kimia Undip,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama dengan Undip ini juga tidak semata pembangunan gedung saja, melainkan ada program-program pemberdayaan lainnya. Seperti halnya menggandeng LPPM Undip, untuk memberdayakan masyarakat di desa-desa sekitar Terminal BBM Pertamina.

“Kami berupaya memberdayakan masyarakat desa melalui desa mandiri, dengan memberi program pemberdayaan sosial,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, di bidang lingkungan, Pertamina kini tengah menggarap Karimunjawa untuk pengembangan terumbu karang. Pertamina mengalokasikan anggaran Rp350 juta untuk Karimunjawa, dengan menggandeng Fakultas Kelautan dan Perikanan Undip. 

“Kami kerjasama dengan Teknik Kelautan Undip untuk melestarikan terumbu karang di Karimun Jawa dengan metode Biorock menggunakan teknologi terbaru,” terangnya.

Dekan Fakultas Teknik Undip Semarang, Agung Wibowo menyambut sangat positif dukungan yang diberikan Pertamina terhadap institusinya. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pertamina atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Teknik Kimia Undip dengan dilaksanakannya pembangunan gedung Lobby Teknik Kimia Undip.

“Diharapkan dengan adanya gedung ini dapat memberikan semangat kepada mahasiswa untuk terus berprestasi dan siap memenangkan persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah hadir di depan mata,” tandasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.