Telkomsel dan BTPN Uji Coba Penyaluran Bansos

0
307

*Menggunakan Non Tunai T-Cash

– T-CASH- Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, didampingi GM Digital Services Compliance Telkomsel, Novarita Fitria, dan manajemen BTPN, serta TNP2K, meninjau lokasi uji coba Penyaluran Non-Tunai Bansos Pemerintah, melalui TCASH di agen laku pandai Toko Rizky, Jl. Flores Kampung Baru Surakarta. Foto : IST/ANING KARINDRA


SURAKARTA- Telkomsel bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non tunai bantuan sosial pemerintah, melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow!

GM Digital Services Compliance Telkomsel, Novarita Fitria mengatakan, uji coba kali ini merupakan tahap kedua. Sebelumnya, pada Agustus 2016, TCASH Ekstra – BTPN Wow! telah melakukan uji coba serupa di Medan, Jakarta, Bogor, dan Solo.
 
“Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi. Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara),” katanya.

Dijelaskan, Telkomsel mendapat respon yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dan sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan TCASH Ekstra – BTPN Wow!  lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat.

“Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik,” jelasnya.

Novarita menuturkan, sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat.

“Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan,” ujarnya. 
 
Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo mengaku, dalam uji coba yang dilakukan, Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K akan memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagaisaluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai. BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.
 
“Apa yang kami lakukan di sini sejalan dengan komitmen BTPN untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia. Dengan BTPN Wow!, penerima manfaat sekaligus dapat terhubung dengan layanan perbankan formal,” terangnya.

Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo menambahkan, adanya kerjasama Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K akan bermanfaat untuk memudahkan kelancaran saluran penerima manfaat dalam mendapatkan bantuan sosial non-tunai. Pihaknya berharap, proses saluran ini tepat sasaran yang artinya memang dapat tersalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.
 
Sementara itu, TCASH merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Layanan NFC (Near Field Communication) yang digunakan TCASH akan memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransaksi. Cukup dengan menempelkan (tap) ponsel yang telah terhubung dengan TCASH  ke ponsel NFC (pengganti EDC) milik agen, maka transaksi dapat dilakukan.
 
Transaksi TCASH juga aman, karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksi mereka. Sedangkan penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi,” paparnya.

Manager Branch Surakarta Telkomsel, Gede Ketut Darma Budiawan mangatakan, setelah berhasil dalam pelaksanaan uji coba penyaluran pertama dengan tingkat kepuasan yang tinggi, maka dilanjutkan dengan uji coba penyaluran kedua, guna menguji kesiapan sistem dalam pelaksanaan penyaluran pada tahun 2017.

“Uji coba di kota Surakarta dilakukan di Toko Rizky, Jl. Flores Kampung Baru dan Toko Sembako 45, Kios no. 15, Pasar Gading,” bebernya.
 
Budi menambahkan, layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah  melalui layanan TCASH Ekstra – BTPN Wow! meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai. Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCASH maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.
 
“Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi, Telkomsel lebih jauh dapat membantu pemerintah mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan,” pungkasnya.(aln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here