Rider Yamaha Juarai IRS 2016

* Dominasi Podium Juara & Dominasi Klasemen

BOGOR – Pada akhirnya, tim Yamaha membuktikan dominasinya dalam seri ke-4 Kejurnas IRS 2016 di Sirkuit Sentul, Bogor. Bahkan berlangsung di kelas Sport 150 cc dan 250 cc. Di kategori Sport 150 cc, kudabesi YZF-R15 membuktikan keperkasaannya. Podium jawara diraih Bangun Septyana asal DKI Jakarta yang mengusung tim Yamalube Mandiri Bien Racing WHK35 Gandasari.
Posisi kedua dan ketiga direnggut Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing Team) dan M Ilham Buldog (549 Kaboci Racing Team). “Ini podium pertama saya selama balap IRS. Perfoma mesin sangat mendukung terutama di trek lurus utama. Kita juga mengganti link suspensi belakang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Efeknya sangat baik saat masuk dan keluar tikungan menjadi lebih cepat, “bangga Bangun Septyana. 

“Jadi motor yang dipakai Bangun ialah mesin baru yang saya riset berbeda dari punyanya Wahyu Aji. Perbedaannya pada porting dan perbandingan kompresi juga berubah menjadi 13,1 : 1 dikarenakan penggunaan bahan bakar pertamax-turbo, “terang Hawadis selaku mekanik. Seperti diterangkan diatas, rider-rider pembesut Yamaha YZF-R25 juga mendominasi kategori Sport 250 cc. 

Pebalap Syahrul Amin kembali merebut podium juara setelah sukses meraih grid terdepan. Jadi mengulang hasil saat seri ke-3 sebelumnya. Urutan runner-up direbut M Dwi Satria (AR-1 Abirawa NHK RBRT) dan ketiganya diraih M Zaki Adil (Yamaha Yamalube Nissin Tunggal Jaya). Mereka bertiga, juga bersama Irwan Ardiansyah (Yamaha Yamalube Nissin KYT FDR) dan Nico Julian memang berada di barisan depan. Selebihnya punya jarak yang cukup lumayan. 

“Pada awalnya saya bermain aman dengan rekan setim saya Willy Hammer. Namun kemudian Willy bermasalah pada rem dan saya fokus melaju di depan untuk memberi jarak dengan lawan. Semoga saya bisa juara nasional nantina, “tutur Syahrul Amin yang dikawal tuner Gendut GDT Racing. 

Tidak ketinggalan, tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang bertarung dengan kondisi mesin standar dan velg original atau belum material alumunium dapat membuat racer Galang Hendra finish ke-7. Regulasi IRS memang membolehkan memodifikasi camshaft dan mengganti velg. “Fokus kita ialah mempertajam skill mereka jelang Asia Road Race India dan mencoba beberapa set-up, “tukas Wahyu Rusmayadi selaku manajer YRI. 

Mengacu pada hasil di Sport 150 cc dan Sport 250 cc, maka petarung-petarung garputala sukses menguasai klasemen sementara. Tentu saja, ini sebagai modal penting sehubungan potensi merebut juara nasional. Terutama bagi Syahrul Amin yang memiliki gap atau jarak hingga 20 poin dengan posisi dibawahnya. 

Babak final Kejurnas IRS 2016 sendiri akan dihelat pada awal November nanti. “Keberhasilan Yamaha di kelas Sport 150 dan 250 cc sebagai bukti dari edukasi yang bertahap dilakukan dalam Sunday Race yang telah berjalan dalam 3 tahun terakhir sejak 2014 hingga sekarang ini, “tukas M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang hadir setia di lintasan hingga race berakhir.(aln)